in

Pamsimas di Purwogondo Kendal Dibangun, 200 Warga Mendapatkan Air Bersih

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal saat meresmikan Pamsimas Desa Purwogondo, Rabu (11/8/2021).

 

HALO KENDAL – Bupati Kendal, Dico M Ganinduto meninjau pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Desa Purwogondo, Kecamatan Boja, Rabu (11/8/2021).

Saat meninjau pembangunan Pamsimas, Bupati didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal, Sugiyono dan berkesempatan membuka saluran air pertama, tanda diresmikannya penyaluran air Pamsimas untuk warga.

Dalam sambutannya, Dico mengapresiasi apa yang dilakukan Dinas PUPR bersama Pemerintah Desa Purwogondo, dalam mewujudkan penyaluran air bersih untuk warga.

Menurutnya, sesuai data, di Kabupaten Kendal saat ini ada 96 persen warga yang sudah bisa terfasilitasi air bersih. Namun belum semuanya menggunakan seperti Pamsimas seperti ini.

“Hari ini saya meninjau pembangunan Pamsimas, saya mengapresiasi apa yang dilakukan Pemdes bersama dinas terkait, sehingga dengan Pamsimas ini bisa menambah saluran air bersih untuk 200 keluarga yang ada di Desa Purwogondo,” kata Bupati.

Dico berharap dengan adanya ini, kebutuhan pokok air bersih untuk warga di Kabupaten Kendal bisa terpenuhi dengan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah desa.

“Sedangkan sisanya, nanti akan kami carikan solusi, agar semua masyarakat di Kabupaten Kendal bisa menikmati air bersih,” ujar Dico.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PUPR Sugiono menjelaskan, saat ini masyarakat diharapkan tidak melakukan pembangunan sumur dalam. Hal ini dikhawatirkan bisa merusak alam.

Sugiyono juga mengungkapkan, dikarenakan pengelolaan Pamsimas pertama berhasil, maka pemerintah memberikan hadiah berupa hibah insentif untuk membuat sumur Pamsimas di Desa Purwogondo ini.

“Ya sumur dalam akan kita hindari dan akan mulai dengan memanfaatkan air permukaan. Seperti yang sudah kita coba di Desa Kedungasri Ringinarum dan kita kembangkan di Desa Kedungsuren Kecamatan Kaliwungu Selatan. Hal ini dilakukan, agar tidak mengganggu kelestarian alam,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Purwogondo, A Chandra K, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, sehingga pembangunan Pamsimas di desanya ini terwujud dan bisa bermanfaat bagi warganya.

“Untuk ketersediaan air bersih ini dampaknya sangat bagus bagi masyarakat kami. Karena setelah ada air bersih kemudian dampaknya ke sanitasi. Karena sebelumnya banyak warga yang BAB di pinggir sungai karena tidak ada air,” ungkapnya.

Chandra menjelaskan, kebutuhan air bersih di desanya ada sekitar 1.700 keluarga.

“Warga di daerah sekitar perbukitan ini memang kesulitan mendapatkan air bersih. Apalagi dimusim kemarau, tambah sulit,” ujarnya.

Salah seorang warga Dusun Ngijo RT 2 RW 3, Matun mengaku bersyukur atas dibangunnya Pamsimas di desanya. Menurutnya, selama ini memang warga kesulitan mendapatkan air bersih.

“Kami harus berjalan lebih kurang satu kilometer untuk mencapai sumber air. Bukan jaraknya tapi naik turunnya jalan itu. Makanya dengan adanya pamsimas ini, kami merasa terbantu. Terima kasih Pemkab Kendal, terima kasih Pemdes,” ungkapnya.(HS)

Share This

Pantau Pelabuhan Penyeberangan Kapal KMP Siginjai, Satpolairud Polres Jepara Beri Imbauan Prokes 5M

Pemkab Beri Dukungan Kepada Atlet Kendal Yang Akan Berjuang PON XX Dan PEPARNAS XVI