Pameran Virtual UMKM Gayeng 2020, Dorong UMKM Go Digital dan Go International

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat membuka pameran UMKM Gayeng 2020 secara virtual, Rabu (21/10/2020).

 

HALO SEMARANG – Animo pelaku UMKM di Jateng untuk mengikuti pameran UMKM Ganyeng 2020 sangat besar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Soekowardojo menyatakan, jumlah peserta UMKM Gayeng 2020 secara signifikan mengalami peningkatan.

Menurutnya, pelaksanaan UMKM Gayeng kali ini mencapai 850 UMKM, atau naik lima kali lipat dari tahun sebelumnya.

“Pelaksanaan UMKM Gayeng tahun ini diawali dengan proses kurasi. Dari peserta kurasi tersebut diperoleh sebanyak 101 UMKM yang siap ekspor,” ujarnya saat sambutan Pembukaan Pameran Virtual UMKM Gayeng 2020 di Semarang, Rabu (21/10/2020).

Soekowardojo menambahkan, animo peserta UMKM Gayeng 2020 kali ini lebih besar dibanding UMKM Gayeng tahun 2019 lalu yang dilaksanakan pada November di Museum Lawang Sewu – Semarang.

“Pada UMKM Gayeng 209 lalu hanya mengkurasi 150 UMKM dan menghasilkan 72 UMKM yang siap dan berpotensi ekspor,” tuturnya.

Soekowardojo menambahkan, pada tahun 2020 ini, pameran UMKM Gayeng: Nganggo Digital digelar dengan tema “UMKM Sebagai Kekuatan Baru Perekonomian Daerah di Era Digital”.

Tujuannya untuk mendongkrak UMKM di Jawa Tengah.

“Tujuan itu di antaranya, meningkatkan kualitas UMKM melalui fasilitasi kurasi menuju UMKM siap ekspor dan meningkatkan akses penjualan dan peningkatan produksi melalui aktivitas business matching antara UMKM dan potential buyer. Selain itu mendorong ekonomi dan keuangan digital melalui transaksi pembayaran non tunai (QRIS), dan digitalisasi pemasaran produk UMKM,” paparnya.

Untuk itu, dia berharap dukungan semua pihak untuk turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan UMKM Gayeng yang digelar mulai 21 hingga 23 Oktober 2020.

“Pasca pameran UMKM, peserta juga tersedia dalam marketplace sampai dengan satu bulan ke depan. Sehingga kesempatan untuk berbelanja produk dalam negeri berkualitas ekspor masih terbuka lebar,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, bagi pihak yang ingin bermitra dengan UMKM peserta pameran, dapat mengakses menu business matching dalam website GayengExpo.id.

“Semoga kegiatan ini menjadi berkah dan dapat berlanjut sebagai langkah nyata mendukung UMKM kita menjadi UMKM go Digital dan go International,” tuturnya.

Seperti diketahui, Kegiatan UMKM Gayeng 2020 yang digelar selama tiga hari mulai 21-23 Oktober, sekaligus sebagai rangkaian pendukung kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI), Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), dan sekaligus menjadi rangkaian bulan UMKM bersama Dinkop UKM Provinsi Jawa Tengah.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.