in

Paket Wisata Medis Akan Sapa Wisatawan Kota Semarang

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Kariadi Semarang.

 

HALO SEMARANG – Wisata medis dalam waktu dekat akan menyapa wisatawan yang berkunjung di Kota Semarang. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari, Selasa (5/10/2021).

“Kami sudah melakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan RS Dr Kariadi, harapannya bisa merintis wisata baru dengan minat kekhususan yaitu wisata medis,” kata Iin, sapaan akrabnya.

Pihaknya menjelaskan, wisata medis yang dimaksud yaitu kombinasi paket wisata yang sudah ada sebelumnya. Wisatawan yang telah memilih paket wisata kuliner ataupun wisata dapat sekaligus berobat, mulai dari chek up, general chek up, medical chek up, hingga kemudian sampai kepada pengobatan.

“Nanti wisata medis itu akan kami gabungkan dengan wisata lain (paket wisata) yang ada di Kota Semarang. Baik dengan paket wisata kuliner atau pun wisata alam. Jadi para pengunjung yang datang ke Kota Semarang, bisa wisata, bisa berobat, atau menggabungkan keduanya,” jelasnya.

Untuk sementara, program wisata baru itu menggandeng RSUP Dr Kariadi. Nantinya wisata medis tersebut akan diberi nama Wisata Medis Sekar (Semarang Kariadi).

“Kami melihat sekarang ini potensi wisata ini cukup menjanjikan. Tidak menutup kemungkinan, rumah sakit-rumah sakit lain yang ada di Kota Semarang juga akan bergabung,” ujarnya.

Iin menuturkan, pihaknya terus mengebut upaya mengembangkan sektor pariwisata. Saat ini Wisata Medis Sekar akan memasuki tahap perizinan, dan secepatnya akan menjadi paket wisata yang ada di Kota Semarang.

“Nanti akan ada pengajuan perizinan ke Kementrian Kesehatan (Kemenkes) oleh RS Dr Kariadi. Kemudian baru kita akan lakukan tindak lanjut untuk teknis-teknis yang lain,” paparnya.

Lebih lanjut, dengan adanya Wisata Medis Sekar dapat mengubah pola pikir (mindset) masyarakat terhadap medis menjadi tidak menakutkan lagi.

“Ini kami tawarkan, bahwa medis itu justru tidak hanya mengobati, namun juga mencegah. Sehingga saat keluar dari rumah sakit kita menjadi sehat dan juga bahagia,” ucapnya.(HS)

Share This

Unika Soegijapranata Sinergikan Riset Bersama Bank Indonesia

Biliar Persembahkan Emas untuk Jateng, Ganjar: Saya Sudah Punya Firasat