in

Pakar Transportasi: Maksimalkan Terminal Tipe A Mangkang, Pemerintah Bisa Kerja Sama dengan Agen Bus

Armada bus antar kota dalam propinsi (AKDP) masuk ke Terminal Tipe A Mangkang, baru-baru ini.

 

HALO SEMARANG – Pemerintah diharapkan bisa bekerja sama dengan para agen bus, untuk bisa memaksimalkan fungsi Terminal Mangkang Semarang. Hal itu disampaikan Pakar Transportasi dari Unika Soegijapranoto, Djoko Setijowarno menanggapi belum makasimalnya fungsi terminal tipe A tersebut.

Setelah selesai direnovasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhir tahun 2020 lalu, hingga kini Terminal Mangkang masih sepi. Tak banyak bus yang masuk ke dalam terminal untuk menaik-turunkan penumpang.

Menurutnya, Kemenhub khususnya Direktorat Jenderal Hubungan Darat (Ditjenhubdat) yang berwenang perlu melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk menutup operasional agen-agen di sepanjang jalan. Seperti agen bus di terminal bayangan.

“Agar operasional terminal berjalan optimal, Ditjenhubdat bisa kerja sama dengan Pemkot untuk menutup operasional agen-agen bus di sepanjang jalan, terutama yang berada di terminal bayangan. Dan Selanjutnya agen tersebut dialihkan masuk ke Terminal Tipe A Mangkang,” ujarnya, Selasa (20/7/2021).

Selain mengalihkan semua agen masuk ke dalam terminal, kata Djoko, Pemerintah Kota Semarang melalui Dishub bisa membuat kebijakan yang menambah jam operasional pelayanan BRT Trans Semarang sampai pukul 22.00. Begitu juga pelayanan bus Trans Jateng milik Pemprov.

Seperti diketahui, baru ada beberapa agen bus yang sudah menempati terminal tipe A Mangkang. Meski tempat para agen ini masih berupa stand untuk melayani pembelian tiket bus di terminal, namun pihak terminal menyediakan tempat untuk penjualan tiket.

“Kami menempati di sini belum ada satu bulan, karena jumlah penumpang di terminal masih sepi jadi belum semua stand agen bus yang berangkat. Nantinya, kami berharap agar dibuatkan tempat yang lebih representatif sehingga bisa lebih nyaman dalam melayani penumpang yang akan membeli tiket di sini,” ujar Feri, salah satu agen bus yang ditemui di Terminal Mangkang Semarang.(HS)

Share This

Dua Sapi Lepas Sebelum Penyembelihan Mewarnai Perayaan Idul Adha Di Semarang

Pulang Antar Hewan Kurban, Mobil Pikap Diduga Jadi Korban Pelemparan di Sumberejo Kendal