in

Pakai dan Edarkan Tembakau Gorilla, Warga Kangkung Diamankan Petugas BNNK Kendal

Kepala BNNK Kendal, Anna Setiyawati dan Petugas BNNK Kendal menunjukkan barang bukti saat jumpa pers, Rabu (14/7/2021).

 

HALO KENDAL – Petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal berhasil mengamankan UA (22), warga Kecamatan Kangkung saat menerima paket yang berisi narkoba jenis tembakau gorilla, baru-baru ini.

Hal ini disampaikan, Kepala BNNK Kendal, Anna Setiyawati dalam release yang diterima halosemarang.id, Rabu (14/7/2021).

Anna menjelaskan, sebelumnya pihak BNNK mendapatkan informasi dari masyarakat tentang adanya peredaran narkotika jenis tembakau sintetis (tembakau gorilla) di wilayah Kangkung.

“Selanjutnya kami melakukan penyelidikan untuk mematangkan informasi tersebut,” jelasnya.

Dikatakan, setelah mendapatkan informasi dan melakukan pengembangan, pihaknya kemudian melakukan penangkapan di rumah tersangka.

“Saat itu kami temukan bukti berupa paket yang diterima tersangka berupa tembakau gorilla seberat 11.92 gram,” kata Anna.

Ditambahkan, tersangka yang masih berstatus mahasiswa tersebut, memesan narkotika melalui aplikasi media sosial untuk digunakan sendiri.

Alasan yang bersangkutan karena dirinya merasa stres akibat kuliah yang tidak selesai-selesai.

“Namun dalam pengembangan pemeriksaan, selain dipakai pribadi, tersangka juga mengedarkan di kalangan teman sebaya, yang ingin membelinya,” imbuh Anna.

Dari pengakuan tersangka, lanjutnya, efek yang ditimbulkan dari tembakau gorilla ini, adalah halusinasi dan rileks.

Dari tersangka diamankan barang bukti berupa satu HP merk Xiaomi, tas pinggang warna hitam, kardus kecil dan plastik putih sebagai pembungkus paket.

“Pasal yang disangkakan yakni Primer pasal 114 ayat (1) dan subsider pasal 112 ayat (1) Undang undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman penjara 5-20 tahun,” tandasnya.

Anna juga mengimbau kepada semua pihak untuk mewaspadai peredaran tembakau gorilla di pedesaan. Hal ini sesuai dengan instruksi Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam rangka HANI 2021.

“Diharapkan pula antara orang tua dan anak terjalin komunikasi yang baik dan ada pengawasan pergaulan anak oleh orang tua,” pesannya.

“Peran serta masyarakat sangat membantu dalam memberikan informasi adanya penyalahgunaan dan peredaran gelap nakotika. Hal ini guna mewujudkan Desa Bersinar/Kendal Bersinar,” pungkas Anna.(HS)

Share This

Keresahan Masyarakat Terkait Pemadaman Lampu Saat PPKM Darurat, Polisi Akan Giatkan Patroli

Tiga Fraksi DPRD Boyolali Sampaikan Pandangan Umum Pembahasan Ranperda