in

Pahami Apa Itu Free Ongkir dan Cara Kerjanya dalam Pengiriman

HARGA yang murah dan free ongkir alias ongkos kirim gratis tentu jadi incaran konsumen saat berbelanja. Kerap mencarinya, apakah Anda sudah tahu apa itu free ongkir dan bagaimana bisa gratis dalam pengiriman paket? Padahal paket harus diangkut menggunakan armada tertentu, misalnya truk, yang otomatis membutuhkan biaya.

Namun kenyataannya banyak seller pada e-commerce yang bisa memberikan free ongkir atau tidak membebankan biaya kirim ke konsumen. Pemberian free ongkir ini tentunya sangat menyenangkan konsumen. Tidak dipungkiri bahwa masalah yang sering terjadi adalah konsumen tidak jadi belanja karena melihat ongkos kirim yang mahal, bahkan kadang lebih mahal dari barang yang hendak dibelinya.

Mengenal Ongkos Kirim

Konsumen dimanapun pasti mencari toko atau penjual yang memberikan free ongkir kepada mereka. Kalaupun tidak sepenuhnya gratis, konsumen masih berusaha mencari seller yang memberikan promo ongkir, sehingga tidak terlalu mahal. Besaran ongkos kirim atau ongkir biasanya diperhitungkan menurut berat dan dimensi dari barang yang dibeli.

Pada proses transaksi online, terutama melalui e-commerce, penjual akan membebankan biaya pengiriman barang kepada pembeli. Jadi, ketika pembeli melakukan pembayaran untuk pembeliannya, harga tersebut ditambah dengan ongkos pengiriman barang..

Cara Kerja Free Ongkir

Adanya free ongkir membuat penjual bisa menjual produknya lebih banyak karena minat tinggi dari para pembeli. Hanya saja, bagaimanapun tidak ada penjual yang ingin rugi gara-gara memberikan promo ataupun free ongkir kepada konsumennya. Cara penjual memberikan promo atau free ongkir pada konsumen adalah sebagai berikut:

  1. Ada Syarat dan Ketentuan

Toko tidak serta merta memberikan free ongkir kepada pembeli, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Misalnya, promo dan free ongkir dengan jumlah pembelian tertentu yaitu minimal 40 ribu. Atau pembelian dengan sistem pembayaran tertentu, misalnya COD dan sebagainya.

  1. Gratis Ongkir di Wilayah dan Waktu Tertentu

Ada juga penjual yang memberikan promo ongkos kirim hanya kepada pembeli yang berada di wilayah tertentu saja, misalnya Jabodetabek. Kadangkala free ongkir juga hanya berlaku pada waktu-waktu tertentu, contohnya akhir bulan atau awal bulan.

  1. Sifatnya Tidak Permanen

Free ongkir yang diberikan toko sifatnya tidak menetap atau hanya sementara. Contohnya, promo dan free ongkir pada tanggal kembar setiap bulan, seperti 11.11 atau 12.12 dan sebagainya.

Promo Ongkir November Lalamove

Sebagai jasa pengiriman instan terpercaya, Lalamove juga selalu memberikan promo ongkos kirim khususnya di bulan November 2022 yang bersamaan dengan Hari Belanja Nasional atau Harbolnas. Promo ongkos kirim November 2022 diberikan kepada seluruh pengguna setia Lalamove. Simak dulu beberapa daftar promo ongkir serta syarat dan ketentuannya berikut ini.

  1. Jalan Irit November (JIN)

Program promo JIN diberikan kepada pengguna Lalamove yang berada di Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Malang. Diskon ongkir 50% untuk pengiriman menggunakan roda dua atau roda empat Lalamove (kecuali jenis CDD bak dan box).

Cara mendapatkan promo ini adalah dengan memasukkan kode promo “LANOVEMBER” pada aplikasi tepatnya di kolom kupon, sebelum Anda melakukan pembayaran.

  1. Promo Harbolnas 11.11

Promo berlaku untuk pengiriman menggunakan Lalamove dengan besaran diskon hingga 80% bagi semua pengguna baru. Promo diskon ongkir sebesar Rp80.000 juga akan diberikan kepada pengguna setia Lalamove. Masukkan saja kode “LALA1111” pada kolom kupon yang terdapat pada aplikasi sebelum pembayaran dilakukan.

  1. Mystery Box

Masukkan kode “LALAHEROES” untuk mendapatkan satu paket diskon ongkos kirim Rp89.000. Promo ongkir ini juga memberikan kesempatan kepada pengguna Lalamove untuk mendapatkan diskon ongkos kirim hingga jutaan rupiah.

Itulah informasi yang bisa Anda simak tentang ongkos kirim dan cara kerjanya. Jangan lewatkan berbagai promo menarik dari Lalamove di bulan November ini. Dengan begitu, belanja pun bisa menjadi lebih hemat dan irit!(HS)

Jelang Penetapan UMK 2023, Rakor LKS Tripartit Kendal Digelar

Cegah Balap liar, ini yang dilakukan Satlantas Polres Pekalongan Kota