Ormas di Semarang Tanam 1000 Pohon Mangrove di Pantai Mangunharjo

Perwakilan Ormas Pemuda Pancasila (PP), Lindu Aji, Karang Taruna serta unsur pemerintah Kecamatan Tugu, Polsek, Koramil setempat melakukan penanaman pohon mangrove di bibir pantai Mangunharjo, Semarang, Minggu (8/12/2019).

 

HALO SEMARANG – Dampak abrasi air laut yang makin parah dan mengikis luasan daratan, khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah tepian laut di Kota Semarang, membuat kepedulian berbagai organisasi masyarakat (Ormas) Kota Semarang. Sejumlah ormas secara bersama-sama melakukan kegiatan sosial dengan menanam pohon mangrove di sekitar TPI Mangkang, Pantai Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Semarang, Minggu (8/12/2019) pagi.

Adapun ormas yang ikut dalam acara bertajuk “Aksi Hebat Tanam Mangrove” tersebut di antaranya Pemuda Pancasila (PP), Lindu Aji, Karang Taruna, KNPI, PSHT, dan beberapa ormas lain.

- Advertisement -

Hadir juga dalam acara ini dari unsur pemerintah kecamatan, Polsek, Koramil setempat yang juga ikut melakukan penanaman.

Sebelum melakukan kegiatan penanaman mangrove, semua peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu menandatangani keikutsertaan penanaman mangrove di spanduk yang disiapkan panitia oleh perwakilan ormas yang hadir.

Ketua Bidang Kegiatan Sosial Pemuda Merah Putih Sukoharjo, Tegar Wahyudiyanto mengatakan, kegiatan penanaman mangrove bersama ormas Kota Semarang ini merupakan bagian dari upaya menjalin silaturahmi dengan ormas yang ada di Jateng. Dan sesuai kesepakatan, kegiatan kali ini digelar di Kota Semarang.

“Sebagai ormas baru, kegiatan kami seperti ini bisa untuk sarana saling tukar pengalaman antarormas yang ada. Kali ini kami bersama ormas menanam sebanyak 1000 pohon mangrove di bibir pantai Mangunharjo, Semarang. Ini merupakan hasil swadaya kami dengan Karang Taruna Sukoharjo. Diharapkan, dengan adanya aksi sosial ormas ini bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar, terutama dalam upaya mencegah abrasi di sekitar pantai Mangunharjo,” terangnya di sela acara.

 

Perwakilan ormas foto bersama usai penanaman pohon mangrove di bibir pantai Mangunharjo, Semarang, Minggu (8/12/2019).

Perwakilan dari MPW Jateng Pemuda Pancasila (PP), Windo Wijaksono mengapresiasi kegiatan sosial tersebut. Menurut dia, hal ini sangat penting, karena menurut hasil penelitian, setiap tahun terjadi penurunan muka tanah di Kota Semarang, bahkan mencapai setengah centimeter/tahun. Salah satunya disebabkan oleh penggunaan air bawah tanah yang tidak terkendali.

“Untuk itu kami berupaya untuk melakukan penghijauan di beberapa wilayah. Penanaman mangrove di bibir pantai ini salah satunya, dengan maksud mengurangi ancaman abrasi air laut yang makin parah. Apalagi manfaat pohon magrove cukup banyak, yakni tempat berkembang biak ikan dan kepiting dan lainnya,” katanya.

Sementara, Perwakilan Lindu Aji, John Santos mengatakan, kegiatan ini sekaligus untuk mempertemukan perwakilan dari berbagai ormas, suku, dan agama, sehingga bisa mempererat tali persaudaraan. Apalagi untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan.

“Semoga acara serupa bisa terus berlanjut ke depannya, agar tambah saudara,” katanya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.