in

Optimistis Atletik Jadi Lumbung Emas Salatiga

Dance Ishak Palit/dok.

 

HALO SPORT – Ketua PASI Kota Salatiga Dance Ishak Palit optimistis dari atletik dapat menyumbang tujuh medali emas pada Porprov Jateng 2022.

Memang ada beberapa fluktuasi di nomor lari menengah dan jauh yang menurun. Namun, di nomor jarak pendek dan lempar diharapkan tetap berjaya.

‘’Kota Salatiga layak memasang target menembus lima besar pada Porprov Jateng 2022. Pada Porprov terakhir, kami menduduki posisi ketujuh,’’ ungkap mantan ketua KONI Kota Salatiga ini.

Menurut Ketua DPRD Kota Salatiga itu, untuk masuk lima besar, kotanya minimal harus meraih 40 medali emas.

Waketum I Forki Jateng dan Ketua Pengprov Persambi (Sambo) ini menjelaskan cabang olahraga andalan kontingennya nanti adalah atletik, wushu, judo, karate, pencak silat, taekwondo, sambo, balap sepeda, gulat, dan binaraga.

Dance (55) menambahkan, meski kondisi pandemi Covid-19, pembinaan olahraga di Salatiga tetap jalan. Kantor KONI Salatiga jadi sport center mini.

Lingkungan kantor KONI selalu penuh seperti biasa, karena ada beberapa cabang olahraga yang melakukan persiapan PON 2021 dan Pra-Porprov.

‘’Pemerintah Kota tetap memberikan dukungan dana yang cukup, walaupun dengan keuangan yang terbatas dalam rangka mengembangkan olahraga prestasi,’’ tandasnya.

Mengenai keberadaan sport center, politikus PDIP ini menegaskan Salatiga sampai saat ini belum bisa melakukan pembangunan lantaran membutuhkan biaya yang tidak kecil.

Namun, dalam strategi pengembangan olahraga prestasi Kota Salatiga, pihaknya fokus pada 11 cabang.

Saat ini kantor KONI Kota Salatiga sudah banyak digunakan sebagai pemusatan latihan seperti TC PON Jateng untuk cabang pencak silat, aletik, dan karate. Tempatnya representatif dan dilengkapi gym.

‘’Ke depan, karena Salatiga kecil, kita harus fokus dalam pengembangan olahraga. Kita fokus pada cabang olahraga yang kita anggap punya potensi bagi Salatiga,’’ tuturnya.

Karena itu, dalam rangka pengembangan prestasi Kota Salatiga, program-program pemassalan harus dilakukan melalui kegiatan formal di sekolah. Di samping itu, penguatan di klub-klub.

‘’Dengan strategi tersebut, saya yakin prestasi olahraga di Kota Salatiga akan lebih moncer,’’ ujar pengagum almarhum Yon Daryono, almarhum Alwi Mugiyanto, Sensei Monginsidi, dan Amin Pambudi ini.(HS)

Share This

Dibantu PLN dan Atikoh Ganjar Pranowo, Supriyono Tempati Rumah Dua Lantai

Warga Batang Diminta Untuk Tetap Ikut Program KB