in

Optimalkan Pendapatan Pajak Daerah, Dewan Dorong Pemkot Semarang Pantau Langsung Sistem E-Tax

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim.

HALO SEMARANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mendorong Pemkot Semarang untuk bisa memantau secara langsung sistem E-Tax yang terpasang di sejumlah objek pajak seperti hotel maupun restoran di Kota Semarang, sehingga program tersebut dapat berjalan baik. Hal ini guna menekan tingkat kebocoran pendapatan dari sektor pajak daerah, yang mana e-Tax ini merupakan pelaporan dan pembayaran pajak retribusi daerah secara digital.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim mengatakan, pemantauan E-Tax tersebut bisa melibatkan petugas Bapenda maupun pekerja harian lepas yang memantau dan mengawasi langsung di lapangan dari jalannya penarikan retribusi restoran maupun objek pajak lainnya.

“Pemantauan ini bisa melihat mana yang tidak potensi dan mana yang ramai. Apalagi ada petugas harian lepas yang memantau dan mengawasi langsung di lapangan dari jalannya penarikan retribusi restoran melalui sistem E-Tax. Harapannya, mengoptimalkan pengawasan pendapatan yang masuk dan target dari pendapatan asli daerah (PAD) bisa tercapai,” paparnya, Selasa (12/3/2024).

Dengan adanya sistem pelaporan maupun pembayaran retribusi e-Tax ini, lanjut dia, juga akan memudahkan Bapenda mengawasi pendapatan secara online. Mengingat, potensi pajak dari sektor retribusi cukup besar dengan keberadaan restoran di Kota Semarang yang makin menjamur.

“Sehingga penting bagi Pemkot Semarang bisa mendata semua restoran yang ada sekarang. Dan masyarakat juga lebih tertib membayar pajaknya dan mengurus izinnya saat membuka usahanya,” pungkasnya.(HS)

Patroli Bersepeda, Sat Samapta Polres Kendal Pastikan Keamanan Awal Ramadan 2024

Awal Ramadan, Pedagang Belum Tempati Pasar Weleri 1