in

Optimalkan Pajak, DJP dan Bapenda Jateng Siap Bersinergi

Penyerahan cinderamata saat acara kunjungan DJP Jawa Tengah I ke kantor Badan Pendapatan Daerah Jawa Tengah, Kamis (1/2/2024).

HALO SEMARANG – Guna meningkatkan sinergi antara institusi pemungut pajak di wilayah Jawa Tengah, Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I mengunjungi kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Tengah, baru-baru ini. Dalam kunjungan tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I, Max Darmawan didampingi Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas), Bayu Setiawan diterima langsung oleh Kepala Bapenda Jateng, Nadi Santoso dan Sekretaris Bapenda Jateng, Agus Suranta.

Dalam kunjungannya Max menyampaikan beberapa hal, antara lain adalah terkait rencana optimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah (OP4D). Ia menyampaikan, bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu mitra yang strategis berkaitan dengan kerja sama tersebut.

“Kami berharap pada tahun 2024 ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bisa ikut serta dalam PKS PKS Tripartid DJP-DJPK-Pemda dalam rangka OP4D tingkat provinsi bersama daerah-daerah lainnya,” ungkap Max.

“Apalagi manfaatnya besar bagi kedua belah pihak, selain membuka data kita juga bisa bersinergi dalam hal pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk pelatihan maupun asistensi,” pungkasnya.

Senada dengan Max, Kepala Bapenda Jateng, Nadi Santoso menyambut baik hal ini. “Sepakat, kami pun membutuhkan transfer of knowledge dari DJP mengingat tahun ini kami mendapat target kenaikan tax ratio,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa kendala yang terjadi dalam pemungutan pajak daerah. “Beberapa kendala yang kami alami adalah terkait basis data yang kondisinya harus segera diperbaharui, misalnya data Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada data kendaraan bermotor masih banyak yang perlu dimutakhirkan,” pungkas Nadi.

Seperti diketahui, saat ini Kementerian Keuangan tengah menginisiasi kerja sama dengan pemerintah daerah. Untuk Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2023 dari 36 pemerintah kabupaten/kota telah terjalin kerja sama optimalisasi ini dengan sebanyak 16 kabupaten/kota. Untuk tingkat provinsi, saat ini telah dilakukan penjajakan inisiasi kerja sama ini.

Sedangkan antara DJP dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah terjalin kerja sama pertukaran data kendaraan bermotor yang ditandatangani Direktur Jenderal Pajak dengan Gubernur Provinsi Jawa Tengah. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, dapat meningkatkan penerimaan pajak dari kedua belah pihak sehingga berimbas kepada kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah.(HS)

AICIS 2024 Hasilkan Semarang Charter, Pj Gubernur Jateng Hadiri Pembacaan Deklarasinya

Yakin Bisa Melaju Kencang Musim Ini