in

Optimalkan PAD, Operasional Johar Baru Bakal Diperpanjang Sampai Malam Hari

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto saat diwawancarai awak media, beberapa waktu lalu.

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Perdagangan berencana memperpanjang jam operasional Pasar Johar Baru sampai malam hari. Wacana tersebut akan mulai dilakukan awal Juni mendatang, sekaligus guna memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi.

Plt. Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Semarang, Fajar Purwoto menjelaskan, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menghendaki Pasar Johari Baru dibuka sampai pukul 21.00 WIB, untuk memberi waktu kelonggaran pedagang dan pembeli.

“Pemkot ingin memberikan kelonggaran kepada pedagang. Jika hanya buka dari 08.00 WIB – 17.00 WIB, banyak pembeli dari luar kota atau pekerja sering kecele. Jadi kita buka sampai 21.00 WIB,” katanya Kamis (25/5/2023).

Fajar menejelaskan, basement Alun-Alun, Johar Tengah, Utara dan Shopping Center Johar (SCJ), akan dibuka 08.00 WIB sampai 21.00 WIB. Sementara Kanjengan dan Johar Selatan akan buka mulai 02.00 pagi sampai 21.00 WIB, yang merupakan pedagang bumbon, daging dan sayur.

“SCJ Juni nanti mulai diserahkan ke Pemkot. Walaupun diperpanjang, retribusi untuk pedagang tetap sama yakni Rp 750 sampai Rp 950 per meter tergantung ukuran lapak,” paparnya.

Pada tahun ini, lanjut Fajar, PAD dari sektor retribusi pedagang ditargetkan Rp 35 miliar. Realisasinya baru mencapai 20 persen. Menurutnya target tersebut bisa dimaksimalkan lantaran banyak sektor yang belum tersentuh.

“Kita yakin bisa tercapai, karena itu kita lakukan penataan, termasuk untuk retribusi PKL Minggu pagi yang belum tersentuh retribusi. Nanti akan dibuatkan SK Wali Kota sebagai payung hukum,” tegasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Satpol PP Kota Semarang ini menjelaskan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar Johar Baru juga akan dipantau. Mereka akan ditempatkan di SCJ.

“Selama ini mereka belum tersentuh retribusi, nanti mereka akan kita tempatkan ke SCJ, sambil kita lakukan penataan,” ujarnya.

Kedepan, lanjut Fajar, kawasan Johar Baru akan disinkronkan dengan SCJ. Ia memastikan PKL yang ada di belakang Hotel Metro akan segera ke SCJ lantai tiga. Sebelumnya penataan PKL di depan SCJ telah dilakukan dan direlokasi ke Jalan Inspeksi. (HS-06)

 

Gelar Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak, Bupati Kendal : Mengajarkan Siswa Bisa Memproduksi Sangat Penting

Dewan Dukung Pemkot Semarang Bangun Portal Khusus UMKM