Optimalisasi Penyerapan Tenaga Kerja, UPTD BLK Kota Pekalongan Gandeng 16 Perusahaan

Pelatihan di UPTD BLK Kota Pekalongan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Pekalongan, menggandeng sejumlah perusahaan di Kota Pekalongan dan sekitarnya, untuk optimalisasi penyerapan tenaga kerja bagi para alumnus.

Sekurang-kurangnya 16 perusahaan sudah bekerja sama dengan UPTD BLK Kota Pekalongan, termasuk perusaahan bengkel motor, hotel, garmen, dan lainnya.

Kepala UPTD BLK Kota Pekalongan, Sunarto Hadi SIP MM, Selasa (20/4) mengatakan berdasarkan data tahun 2020, sebanyak 42,13% lulusan dari BLK Kota Pekalongan sudah terserap oleh lapangan kerja.

- Advertisement -

Adapun untuk sisanya, pihaknya mendorong agar para alumnus dapat berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Selain itu, pihaknya terus menjajaki dan menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan, salah satunya dengan PT Trans Ritel Indonesia atau Transmart Pekalongan belum lama ini.

“Sudah kami tempatkan enam orang. Kemarin yang dibutuhkan adalah bagian pemasaran (SPG) dan kasir. Untuk perusahaan ini memang mereka membuka untuk semua jurusan,” tutur Sunarto.

Terkait mekanisme, sebelum peserta pelatihan disalurkan ke perusahaan, peserta telah menyelesaikan pelatihan. Kemudian, mengikuti program Uji Kompetensi (UJK). UJK dijadikan sebagai bahan evaluasi peserta dari hasil belajar selama mengikuti pelatihan dan sebagai tolak ukur tingkat keahlian individu.

“Jika menyetujui mengikuti magang atau bekerja di perusahaan, Peserta mendaftarkan diri ke BLK sesuai formasi yang dibutuhkan perusahaan. Kemudian baru akan kami salurkan ke masing-masing perusahaan. Kami memang membuka kesempatan bagi para alumnus, untuk mengikuti program magang tersebut. Tetapi belum kami wajibkan, karena kuotanya pun terbatas, peserta bisa melakukan secara sukarela,” kata Sunarto, seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Dia berharap adanya kerja sama dengan sejumlah perusahaan, dapat memperluas jaringan dalam pendistribusian dan penyerapan tenaga kerja. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.