in

Optimalisasi PAD, Pemkab Banjarnegara Launching E Parkir

Foto : Banjarnegarakab.go.id

 

HALO BANJARNEGARA – Sekda Banjarnegara Drs Indarto MSi, meluncurkan E Parkir Transaksi Non Tunai Host to Host, di Sasana Bhakti Praja, Kamis (21/10).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjarnegara, M Iqbal SE, mengatakan inovasi atau aplikasi E-Parkir ini merupakan bentuk  kerja sama Dinas Perhubungan dengan  Bank Jateng Cabang Banjarnegara

“Sudah saatnya Dinas Perhubungan menerapkan E-Parkir, sebagai wujud pelayanan yang berkualitas, transparan, dan akuntabel, serta memberikan rasa keadilan bagi masyarakat penerima manfaat jasa parkir. Harapannya adalah optimalisasi pendapatan asli daerah dari sektor retribusi parkir dapat meningkat dari tahun ke tahun sebagai dukungan terhadap pembangunan daerah dan masyarakat Banjarnegara,” kata M. Iqbal.

Tujuan inovasi ini, adalah untuk mendorong masyarakat menggunakan ruang parkir secara bijak, optimalisasi pendapatan asli daerah, meminimalisir potensi pungutan liar yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, serta meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Sementara itu Sekda Banjarnegara Drs Indarto menyatakan menyambut baik diwujudkannya inovasi tersebut. Menurutnya, tugas selanjutnya adalah untuk menjalin hubungan yang erat antara petugas parkir, pengelola parkir, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Banjarnegara, dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara.

Sekaligus pada saat sosialisasi nanti agar dapat berkomunikasi secara langsung dengan petugas parkir dan pengelola parkir, guna memperoleh informasi, masukan dan permasalahan yang dihadapi, demi penyempurnaan kebijakan Pemerintah Daerah di masa yang akan datang.

“Kepada Dinas Perhubungan dan Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Cabang Banjarnegara, saya mengucapkan terima kasih atas terwujudnya pembangunan aplikasi sehingga Launching dan Sosialisasi E-Parkir ini dapat terselenggara dengan baik. Dengan penerapan e-parkir adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan parkir dan memberi rasa keadilan bagi masyarakat pengguna jasa parkir,” katanya,

Sekda juga meminta agar forum sosialisasi tersebut dimanfaatkan se-optimal mungkin sebagai sarana musyawarah antar pihak terkait, khususnya petugas parkir dengan pengelola parkir. Dialog atau rembugan semacam ini merupakan salah satu bagian dari konsep gotong-royong yang manfaatnya sangat besar untuk memperoleh kesepakatan dan solusi permasalahan secara bersama-sama. Untuk itu, saya harap masukan dari Saudara-saudara, sehingga permasalahan parkir dapat dikoordinasikan dengan para pemangku kepentingan terkait dan diselesaikan dengan baik.

“Keberadaan petugas parkir, berperan penting dalam memberikan kelancaran, kenyamanan dan keamanan berlalu lintas. Tidak hanya mendukung kelancaran lalu lintas saja, tetapi dengan tertibnya para petugas parkir akan mampu menambah citra daerah melalui pelayanan yang maksimal, dan pembayaran retribusi parkir yang optimal bagi penambahan pendapatan asli daerah dalam mendukung pembangunan Kabupaten Banjarnegara,” kata dia. (HS-08)

Share This

Angin Kencang Terjang Kabupaten Semarang, 70 Rumah Warga Rusak

Presiden Minta MES Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Syariah