in

Operasi Patuh 2021, Lebih dari 3 Ribu Kali Polres Purbalingga Tegakkan Prokes

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Rizky Widyo Pratomo. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Aparat Polres Purbalingga telah melakukan 3.327 kali melakukan penegakan protokol kesehatan, dalam Operasi Patuh 2021 selama 14 hari, mulai 20 September sampai 3 Oktober 2021,

“Dalam pelaksanaannya Operasi Patuh Candi 2021 di wilayah hukum Polres Purbalingga secara keseluruhan berjalan dengan aman tertib dan terkendali. Dengan fokus pada kegiatan edukasi masyarakat tertib lalu lintas dan pencegah Covid-19,” kata Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Rizky Widyo Pratomo, Senin (4/10), seperti disampaikan Humas.polri.go.id.

Dia mengatakan selama Operasi Patuh Candi 2021 di Purbalingga, pihaknya juga menemukan 268 pelanggaran lalu lintas. Namun demikian seluruh pelanggar tidak diberi sanksi tilang, melainkan hanya berupa teguran.

“Ada juga kegiatan sosial berupa pembagian masker sebanyak 5.052 lembar dan pembagian sembako 511 paket bagi masyarakat,” jelasnya.

Selama Operasi Patuh Candi 2021 di wilayah Polres Purbalingga, juga terjadi lima kejadian kecelakaan lalu lintas. Dari jumlah tersebut seluruhnya merupakan kecelakaan ringan dan tidak mengakibatkan korban meninggal dunia. Hanya terdapat korban luka ringan dan kerugian material sebesar Rp 1,6 juta.

Lebih lanjut disampaikan saat Operasi Patuh Candi 2021 Polres Purbalingga juga melaksanakan sejumlah kegiatan inovatif. Kegiatan tersebut di antaranya vaksinasi bagi awak angkutan, vaksinasi mobile bagi pelanggar lalu lintas, safari Jumat di masjid-masjid, dan pembagian helm, masker, dan sembako.

“Selain itu, edukasi tertib lalu lintas dan patuh prokes melalui wayang lalu lintas bagi siswa yang sedang menjalani isolasi terpusat akibat Covid-19 di SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 4 Mrebet,” jelasnya.

Kasat Lantas mengimbau kepada masyarakat setelah berakhirnya Operasi Patuh Candi 2021 ini, diharapkan tetap menaati ketentuan berlalu lintas. Dengan demikian dapat mencegah kecelakaan yang berakibat fatal.

Dia juga mengimbau masyarakat agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak, agar kasus Covid-19 di Purbalingga tidak kembali meningkat.

“Termasuk juga kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan 5M untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” kata dia. (HS-08)

Share This

Sempat Terbakar, Aktivitas Pembelajaran di SMPN 3 Kaliwungu Tetap Berjalan

Mageri Segoro, Polres Pekalongan Tanam 2.500 Mangrove di Pantai Depok dan Wonokerto