in

Operasi Bina Waspada, Polresta Surakarta Sosialisasikan Bahaya Radikalisme

Kanit Bintibmas Sat Binmas Polresta Surakarta, AKP Winarsih bersama anggota dan Bhabinkamtibmas Danukusuman, berkoordinasi dengan Lurah Danukusuman, mengenai sosialisasi Operasi Bina Waspada Candi 2023, kepada masyarakat Senin (22/5/2023). (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Kanit Bintibmas Satuan Binmas Polresta Surakarta, AKP Winarsih bersama anggota dan Bhabinkamtibmas Danukusuman, berkoordinasi dengan Lurah Danukusuman, mengenai sosialisasi Operasi Bina Waspada Candi 2023, kepada Masyarakat di kelurahan  Danukusaman, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Senin (22/5/2023).

Dalam pelaksanaan tersebut, Kanit Bintibmas berkesempatan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, tentang digelarnya Operasi Bina Waspada Candi 2023, selama 15 hari, mulai 20 Mei hingga 02 Juni 2023, dengan sasaran mencegah penyebaran paham radikalisme, paham anti-Pancasila dan intoleransi umat beragama.

Kasat Binmas Polres Surakarta, Kompol Monika, mewakili Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi, mengatakan tujuan sosialisasi ini, dalam rangka mencegah penyebaran paham radikalisme, anti Pancasila dan intoleransi umat beragama, yang berpotensi mengancam kerukunan dan persatuan masyarakat.

“Operasi Bina Waspada ini, untuk mengantisipasi paham radikalisme, anti Pancasila dan intoleransi umat beragama,” ujarnya.

Dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat bisa bekerja sama dan memberikan informasi, serta bisa menciptakan situasi yang aman dan menggerakan kembali Siskamling dan menolak faham Radikalisme.

Tingkatkan Pemahaman

Sebelumnya, Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta, AKBP Catur C Wibowo, Jumat (19/05/2023). memimpin kegiatan latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Bina Waspada Candi 2023 bertempat di Ruang PPKO Polresta Surakarta,

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabagops Kompol Sutoyo, Kasat Intelkam Kompol Arlianto Adhy Prabowo, Kasat Binmas Kompol Monika Rusmiati, para Kasatgas serta Bamin yang terlibat operasi Bina Waspada Candi tahun 2023.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan cara bertindak anggota yang termasuk dalam masing-masing satuan tugas pada saat pelaksanaan operasi dilapangan nanti.

AKBP Catur mengatakan bahwa kegiatan ini perlu dilakukan sebagai gambaran tugas kepada personel, sehingga pada pelaksanaannya nanti bisa berjalan maksimal sesuai sasaran Operasi.

“Kegiatan perlu kita laksanakan, sebagai modal dan gambaran terkait cara bertindak dilapangan sesuai dengan tugasnya masing-masing, sehingga Operasi yang nantinya dilaksanakan dapat berjalan maksimal,” ujarnya.

 

“Karena pentingnya kegiatan tersebut, silahkan rekan-rekan ikuti dengan serius serta pahami setiap materi yang akan disampaikan oleh masing-masing instruktur pelatihan,” harap AKBP Catur.

Sebagai informasi bahwa Operasi Bina Waspada Candi 2023 Polresta Surakarta akan berlangsung selama 15 hari kedepan terhitung dari tanggal 20 Mei s.d 03 Juni 2023. (HS-08)

Harkitnas Ke-115 di Lingkungan Kepresidenan, Mahfud MD Sebut Momentum Kebangkitan Pascapandemi Covid-19

Satgas Operasi Bina Waspada Ajak Pendekar PSHT Waspadai Radikalisme