OJK Minta Perbankan Percepat Implementasi Program Subsidi Bunga

Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Aman Santosa dalam siaran pers secara virtual, Jumat (14/8/2020).

 

HALO BISNIS – Pemerintah mengeluarkan program subsidi bunga yang ditujukan untuk memberikan dukungan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang kegiatan usahanya terdampak Covid-19.

Di mana UMKM dengan kredit sampai Rp 500 juta, mendapatkan subsidi bunga 6% untuk tiga bulan pertama dan 3% untuk tiga bulan berikutnya.

Sedangkan kredit di atas Rp 500 juta sampai dengan Rp10 miliar, diberikan subsidi bunga sebesar 3% untuk tiga bulan pertama dan 2% untuk tiga bulan berikutnya.

Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Aman Santosa menilai, bahwa implementasi program subsisi bunga di Jateng masih perlu diakselerasi, mengingat penyerapan dana atas subsisidi bunga tersebut masih relatif rendah.

“Sehingga perlu dievaluasi faktor penyebabnya,” kata Aman dalam siaran pers secara virtual, Jumat (14/8/2020).

Menurutnya, setelah dilakukan evaluasi dari berbagai pihak, terdapat sejumlah kendala teknis di lapangan. Di antaranya perbankan belum sepenuhnya memahami ketentuan dan mekanisme teknis pelaksanaannya, serta masih banyak debitur UMKM yang belum memiliki NPWP.

“Tindak lanjut dari evaluasi itu, segera dibentuk tim asistensi dan working group yang terdiri dari Pengawas OJK, Ditjen Perbendaharaan negara, serta perbankan. Sehingga permasalahan teknis yang muncul akan lebih cepat ditangani,” ujarnya di Semarang.

Aman berharap, pemahaman perbankan mengenai mekanisme teknis program subsidi bunga bagi UMKM dapat diterapkan secara maksimal.

Bahkan OJK mendorong supaya perbankan khususnya BPR, lebih proaktif untuk membantu debiturnya dalam memanfaatkan program ini.

“Langkah tersebut diharapkan dapat secara cepat dirasakan manfaatnya oleh UMKM, dan pada akhirnya dapat meningkatkan geliat ekonomi,” ujarnya.

Merespon hal tersebut, Ketua Perbarindo DPD Jawa Tengah, Dadi Sumarsana menyampaikan, bahwa Perbarindo mendukung penuh program subsidi bunga untuk UMKM ini dan akan mengimbau seluruh BPR di Jawa Tengah, agar berpartisipasi dalam penyaluran subsidi bunga tersebut.

“Ini juga bertujuan untuk mendorong agar ke depan BPR selalu dilibatkan di dalam program-program pemerintah,” katanya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.