in

Nuzulul Quran, Warga Binaan Lapas Semarang Antusias Ikuti Pengajian

Lapas Kelas 1 Semarang memperingati Nuzulul Quran yang diikuti WBP pada Kamis (29/04/2021).

 

HALO SEMARANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang memperingati Nuzulul Quran yang jatuh pada malam 17 Ramadan, dengan tema “Membangun Manusia Seutuhnya, Menghayati Al-Quran di Bulan Ramadan”.

Usai Salat Tarawih berjamaah, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas lapas pun langsung mengikuti pengajian dengan mendengarkan tauziah agama oleh Ustadz Marzuki, Kamis (29/04/2021).

Ustaz Marzuki menyampaikan makna dan hakikat memperingati peristiwa Nuzulul Quran.

“Hakikatnya Nuzulul Quran merupakan hal penting yang harus diketahui umat Islam agar menambah keteguhan iman kepada kitab Allah SWT berupa Al-Quran,” ucapnya.

“Tetapi jauh lebih penting adalah bagaimana menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupan manusia,” tambahnya.

Kalapas Semarang, Supriyanto melalui Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan, Andi Rahmanto mengatakan, bahwa Lapas Semarang memang menargetkan Khatam Al-Quran lebih dari satu kali dalam Ramadan tahun ini. Sehingga kajian rutin dilakukan setelah Salat Dzuhur dan Ashar.

Ada pula pesantren Ramadan, salah satu wujud pembinaan dan pelaksanaan hak asasi manusia.

“Alhamdulillah sudah banyak perkembangan yang ditunjukkan oleh para santri. Khatam Al-Quran hanya salah satunya saja,” ungkap Andi sapaan akrabnya.

Sementara salah satu WBP, Agus mengucapkan syukur telah difasilitasi kegiatan keagamaan tersebut. Dia juga mengaku ingin sekali khatam Al-Quran sebelum Idul Fitri.

“Alhamdulillah terima kasih kepada petugas Lapas yang telah memfasilitasi berbagai kegiatan sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan maksimal. Semoga sebelum Idul Fitri kami dapat sekali lagi khatam Al-Quran,” imbuhnya.(HS)

Di Kendal, Harga Minyak Goreng dan Bawang Merah Sudah Mulai Naik

Hari Jadi Kota Semarang, Naik BRT Trans Semarang Hanya Bayar Rp 474