in

Nila Salin Jadi Andalan Investasi Kabupaten Pati

Pertemuan Bupati Pati Haryanto dan Tim Perwakilan BI Provinsi Jateng, di Peringgitan Kantor Bupati Pati, Selasa (12/10). (Foto : Patikab.go.id)

 

HALO PATI – Proyek pengembangan ikan nila salin, merupakan salah satu unggulan Kabupaten Pati, dan berhasil masuk sebagai finalis Investment Challenge (IC) 2021, yang digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jateng.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, Investment Challenge 2021 ini adalah untuk memberikan tantangan investasi pada kabupaten dan kota, dalam pengembangan program unggulan yang bernilai investasi jangka panjang.

“Pembenihan nila salin di Pati, berhasil menjadi finalis IC 2021. Ini suatu kebanggaan. Apalagi pembenihan nila salin ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Pati bagian utara. Proyek pengembangan ikan nila salin adalah salah satu proyek unggulan Pati yang menawarkan keuntungan kepada investor dan pemerintah daerah,” kata, Selasa (12/10), saat menemui Tim Perwakilan BI Provinsi Jateng, di Peringgitan Kantor Bupati Pati.

Lanjut dia, ikan nila sebenarnya termsuk ikan air tawar. Tetapi oleh petani ikan di Pati bagian utara, dikembangkan dalam pertambakan air payau. “Wilayah pesisir kadar airnya tidak bisa 100% tawar, ada air payau. Nila salin ini adalah ikan nila yang diadaptasikan di air payau,” kata Bupati.

Dengan didukung wilayah pertambakan yang luas, ikan jenis ini mempunyai daya tawar investasi cukup tinggi.

“Oleh karena itu, Pemkab Pati berkomitmen untuk mendukung dan memfasilitasi para calon investor. Come and Invest in Pati.” kata dia

Dalam rangka mempromosikan proyek investasi ready to offer di Jawa Tengah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, bekerja sama dengan kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, menyelenggarakan Investment Challenge (IC) 2021, yang meliputi pemilihan profil investasi, verifikasi lapangan, serta penentuan finalis.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan melalui kelengkapan dokumen, proses review dan verifikasi lapangan, maka tim penilai yang terdiri atas Kantor Perwakilan BI Jateng, DPMPTSP Jateng, Bappeda Jateng, dan akademisi menetapkan bahwa proyek investasi Pengembangan Pembenihan Ikan Nila Salin di Kabupaten Pati, berhasil menjadi finalis dan siap ditawarkan kepada investor.

Atas keberhasilan itu, Bupati Pati Haryanto juga akan menjadi pembicara pada acara Central Java Investment Business Forum (CJIBF) 2021 pada tanggal 10-11 November 2021. (HS-08)

Share This

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Djarum Foundation Bantu 25 Unit Konsentrator Oksigen pada Pemkab Demak

Untuk Tugas Akhir Sekolah, Penelitian di Rembang Tak Perlu Surat Keterangan