in

Ngabuburit Bareng, Rektor USM: Ramadan Bulan Penuh Rahmat

Universitas Semarang (USM) menggelar Ngabuburit Bareng di Masjid Baitur Rasyid USM pada 14 April 2023.

HALO SEMARANG – Universitas Semarang (USM) menggelar Ngabuburit Bareng di Masjid Baitur Rasyid USM pada 14 April 2023. Kegiatan menghadirkan Habib Muhammad bin Farid Al Muthohhar. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Muhammad Junaidi, SHI, MH, Ketua Takmir Masjid, Ir Bambang Tutuko, MM, MT.

Dalam sambutannya, Rektor USM, Dr Supari ST MT mengatakan, untuk menjaga kerukunan antarsesama dengan mengisi melalui berbagai hal guna memajukan taraf hidup dan keimanan, sehingga dapat mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa yang dapat berujung pada kemajuan negara.

”Yang perlu disyukuri adalah negara dalam keadaan merdeka dan kita semua dalam keadaan rukun. Oleh karena itu, kita harus menjaga serta mengisi bersama-sama kemerdekaan dan kerukunan ini dengan hal-hal untuk memajukan taraf hidup. Begitu juga keimanan, makin dekat rasa kita kepada Allah Swt, yang berujung kepada kemajuan negara Indonesia,” katanya.

Menurut Supari, Ramadan merupakan bulan penuh rahmat, di mana manusia tidak hanya berperan sebagai pemohon, namun juga pelaku yang memberikan rahmat, kasih sayang dan ampunan kepada sesama.

”Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat, kasih sayang dan ampunan. Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan bahwa semestinya kita sebagai manusia tentu mempunyai peran, baik sebagai pemohon untuk mendapatkan rahmat. Tapi kita juga sebagai pelaku yang memberikan rahmat, kasih sayang dan ampunan kepada antar umat manusia,” ucapya.

Kegiatan juga diisi berbagai acara di antaranya lagu rohani Islam dari Joyugi (Joan Wahyu Gigih), Curhat Yuk dengan nara sumber Dosen Psikologi USM, Sri Widyawati, SPsi, MSi, Psikolog.

Selain itu penyerahan hadiah kepada para juara lomba kultum antar-SMA. Juara 1 diraih oleh Mohammad Iqhsan Abdullah dari MA Intarul Ghoy, runner-up yaitu Alviana Chairunnisa dari SMA Negeri 1 Semarang. Sedangkan peringkat ketiga ditempati M Rifqi Sultan dari MAN 1 Kota Semarang. Juara Favorit dari MAN 1 Kota Semarang yaitu Itsna Farah Zakiyya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor memberikan santunan kepada anak yatim. Rektor dalam akhir sambutannya berharap, bulan Ramadan bisa menjadikan setiap orang lebih dekat kepada Allah Swt.

”Semoga di bulan yang penuh dengan rahmat, kasih sayang dan ampunan ini, kita semakin dekat kepada Allah SWT dan mendapatkan ridha-Nya,” ungkapnya.
Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian takjil dan buka bersama dengan masyarakat, dosen, mahasiswa, hingga civitas akademika, serta Habib Muhammad.(HS)

Pelebaran Jalur di Tol Jakarta-Cikampek Rampung, Kurangi Kepadatan Arus Mudik Lebaran 2023

Lima Ruas Tol Berikan Diskon Tarif pada Awal dan Akhir Masa Mudik Lebaran 2023