in

Namanya Dicatut Jadi Keanggotaan Parpol, Ibu Rumah Tangga ini Lapor ke Bawaslu

Petugas menerima pengaduan keberatan dari warga di Posko Pengaduan Bawaslu Kota Semarang pada Selasa (23/8/2022).

HALO SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang telah membuka posko pengaduan masyarakat terhadap keberatan nama yang tercantum dalam keanggotaan Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2024. Dalam proses tahapan verifikasi administrasi calon partai politik tak jarang beberapa nama masyarakat ditemukan tercantum dalam keanggotaan salah-satu Parpol.

Seperti yang dialami salah satu warga atas nama Yeane Chorlina, seorang ibu rumah tangga yang melaporkan ke petugas di Posko Bawaslu karena keberatan namanya tercantum di keanggotaan salah satu partai politik.

“Jadi saya kaget setelah saya cek nama saya kok terdaftar di parpol ya, padahal kan bukan anggota parpol. Sehingga saya spontan langsung melapor ke Bawaslu untuk dibantu proses pengaduan atas keberatan yang saya alami, agar nantinya nama saya dapat dihilangkan dalam daftar keanggotaan partai politik tersebut,” ujar Yeane, Selasa (23/8/2022).

Sementara, Arief Rahman selaku Koordinator Divisi Hukum, Humas & Datin Anggota Bawaslu Kota Semarang menjelaskan, bahwa Bawaslu akan ikut mengawasi dan membantu proses aduan atas keberatan masyarakat karena namanya ada yang terdaftar dalam keanggotaan partai politik.

“Meski KPU sudah membuka layanan cek nama melalui input NIK, namun hal tersebut juga menjadi fokus pengawasan Bawaslu sehingga kami gencar lakukan sosialisasi dan bisa mengadukan apabila keberatan. Bawaslu membuka posko pengaduan yang nantinya terdapat petugas desk yang membantu melakukan cek nama dan membantu penginputan pengaduan ke KPU. Masyarakat bisa mendatangi Bawaslu Kota Semarang untuk cek nama dan NIK, mengisi formulir dan menginput secara online jika keberatan nama serta indentitas tercantum dalam keanggotaan partai politik,” paparnya.

“Sejauh ini sudah ada 3 warga yang menginfokan keberatan dan bersedia menyampaikan pengaduan melalui posko di Kantor Bawaslu Kota Semarang. Diharapkan Posko Bawaslu ini dapat membantu memudahkan masyarakat Kota Semarang yang akan mengurus keberatan karena nama tercantum dalam parpol, dan selanjutnya masalah ini akan kita lakukan saran perbaikan ke KPU Kota Semarang,” ungkap Arief.

Sedangkan posko pengaduan Bawaslu ini dibuka melayani masyarakat pada jam kerja dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB, atau dapat menghubungi kontak humas Bawaslu Kota Semarang di nomor 081316665996. (HS-06)

Jelang Hari Jadi Kabupaten, Fadia A Rafiq Ziarah Makam Bupati Pekalongan Pertama di Kendal

Finishing, Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0726/Sukoharjo Uruk Bahu Jalan