Muslimat NU Bantu Distribusikan Bantuan pada warga Terdampak Corona, Bupati Pati Beri Apresiasi

Bupati Pati, Haryanto dalam Pelantikan Muslimat NU Pati. (Foto : Patikab.go.id)

 

HALO PATI – Bupati Pati, Haryanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Muslimat NU Kabupaten Pati, karena telah berkonstribusi dalam penanggulangan bencana Covid-19.

Ungkapan tersebut disampaikan Bupati Pati Haryanto, ketika menghadiri istighotsah untuk keselamatan bangsa, yang diselenggarakan Muslimat NU, seperti dirilis patikab.go.id, Senin (9/11).

Acara tersebut sekaligus untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Pelantikan Muslimat NU kabupaten Pati Masa Bhakti 2020-2025.  Turut hadir pula dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin), Ketua FKUB Pati, dan jajaran Muslimat NU.

Menurut Haryanto, Muslimat NU Kabupaten Pati telah berkontribusi ikut menangani dampak pandemi Covid -19. Salah satu bentuknya adalah, bersama elemen masyarakat lainnya, turut membantu dalam mendistribusikan Bantuan Sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Dengan Bantuan Muslimat NU Kabupaten Pati, Alhamdulillah Pemkab Pati dapat menyalurkan bantuan dengan tepat sasaran kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Selain itu, kita juga dapat menyisir warga terdampak pandemi yang belum mendapat bantuan sosial sehingga tidak ada warga yang tertinggal”, jelasnya.

Selain itu Nahdatul Ulama sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia, juga telah membentuk Satgas NU Peduli Covid-19. Organisasi ini banyak membantu Pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19, baik di tingkat Pusat maupun daerah.

“Ada pula Satgas Jogo Santri di lingkungan Pondok Pesantren. Karena memang upaya penanganan pandemi Covid-19 ini memerlukan peran dan kontribusi dari semua elemen masyarakat dan bangsa”, tuturnya.

Lanjut Bupati, Pemerintah berusaha keras dalam penanganan kesehatan dan pencegahan penyebaran covid-19. Upaya ini harus didukung oleh masyarakat, dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, saat ini Pemkab Pati juga sudah memiliki Laboratorium Pengujian Sampel PCR secara mandiri di RSUD RAA Soewondo yang diharapkan dapat mempercepat hasil tracking dan tracing  guna mencegah penyebaran virus dan timbulnya klaster baru”, tambahnya.

Lebih jauh Haryanto mengatakan, kunci keberhasilan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 adalah pada masyarakat, karena mereka lah yang beradamdi garda terdepan.

Tetapi saat ini masih banyak warga yang abai, dan bahkan tidak percaya adanya Virus Covid-19. Padahal penyakit pernafasan ini sudah merenggut banyak korban, termasuk dari petugas medis.

“Oleh karena itu, saya berharap Muslimat NU beserta seluruh Badan Otonom NU lainnya, dapat membantu pemerintah menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat. Warga harus senantiasa memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hindari kerumunan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),”  imbuhnya.

Bupati mengajak warganya untuk saling menjaga, saling peduli dan melindungi sesama. “Insya Allah dengan doa, usaha, ikhtiar dan tawakal yang kuat, Allah SWT akan segera mengangkat wabah dan pandemi covid-19 ini dari muka bumi, sehingga kita dapat kembali beribadah dan beraktivitas dengan aman seperti sedia kala”, lanjutnya.

Dia pun berharap jalinan komunikasi konstruktif dan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pengurus Muslimat NU dalam mengisi Pembangunan di Kabupaten Pati, dapat lebih ditingkatkan dengan saling koreksi manakala ada kekurangan ataupun kesalahan dalam menjalankan tugas.

“Seperti kita ketahui bahwa saat ini kita masih dalam kondisi pandemi untuk itu saya mengajak kita semua agar lebih meningkatkan ikhtiar kita dalam mencegah penularan Covid-19”, lanjutnya imbuhnya. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.