Musim Kemarau, Waspadai Kebakaran Hutan di Kendal

Dandim 0715 Kendal, Letkol Inf Imam Widhiarto saat memberikan pengarahan dalam apel kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutala) di Wilayah Kabupaten Kendal, di Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Selasa (11/08/2020).

 

HALO KENDAL – Pelaksanaan apel kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutala) di Wilayah Kabupaten Kendal, digelar di Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Selasa (11/08/2020).

Hal ini sebagai upaya kewaspadaan kasus kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Kendal, saat musim kemarau tahun ini.

Kapolres Kendal, AKBP Ali Wardana selaku pimpinan Apel menyampaikan, tujuan apel kesiapsiagaan gabungan, adalah untuk meningkatkan kemampuan personel dan peralatan dalam penanggulangan dan mengantisipasi Karhutla di Kabupaten Kendal.

“Di samping itu juga mengoptimalkan peran fungsi tugas dan tanggung jawab masing-masing dinas instansi terkait, dalam penanggulangan Karhutla. Semoga di wilayah Kabupaten Kendal tidak terjadi kebakaran hutan. Dan kita semua harus sudah siap dan bisa mengantisipasinya,” kata Kapolres.

Kapolres juga memberikan penekanan kepada seluruh peserta apel, agar selalu waspada terhadap penyebaran Covid-19. Di samping tidak kalah pentingnya tentang masalah kebakaran hutan.

“Tugas ini tidak bisa diemban satu instansi, akan tetapi bisa dicegah dengan sinergitas instansi lainnya. Berikan edukasi kepada masyarakat di sekitar hutan, tentang bahaya kebakaran hutan dan dampaknya bagi kepentingan umum,” ungkap Kapolres.

Sementara itu Dandim 0715 Kendal, Letkol Inf Imam Widhiarto mengatakan, bahwa dalam menanggulangi kebakaran hutan, harus tetap ada komunikasi dan kordinasi antarinstansi terkait kewaspadaan. Karena menurutnya, tidak akan tahu itu terjadi kapan dan di mana.

“Kegiatan simulasi latihan bersama sangat diperlukan. Karena bagaimana cara menangani kebakaran hutan, dan apabila itu benar terjadi di wilayah Kabupaten Kendal, kita semua sudah tahu tugas masing- masing. Siapa dan harus berbuat apa,” tegasnya.

Acara apel juga dihadiri, Wakapolres Kendal Kompol Sumiarta, Adm Perhutani Kendal, Herdian Suhartono Selaku ADM Perhutani Kendal.

Hadir pula, PJU Polres Kendal, Kepala BPBD Kendal, Kepala Dishub Kendal, Kepala Kesbangpol Kendal, Kasat Pol PP Damkar Kendal, Manager PTPN IX Kebun Sukomangli Patean Kendal, Manager PTPN IX Kebun Merbuh Singorojo Kendal.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.