in

Museum Pribadi Gatot Subroto di Ungaran Simpan Koleksi Pipa Cangklong Sang Jenderal

Museum Pribadi Gatot Subroto di Jalan Brigjen Soediarto Ungaran. (Foto : Semarangkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Sebuah rumah pribadi peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto, di Jalan Brigjen Soediarto Ungaran, disulap menjadi sebuah museum. Peresmian museum pribadi itu, ditandai pemotongan untaian pita, oleh Kepala Kelompok Staf Ahli Pangdam IV Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono, Minggu (10/10).

Acara dihadiri beberapa cucu dan cicit pejuang kemerdekaan RI itu. Adapun tamu undangan di antaranya Danrem Makutarawa Kolonel (Arm) Putranto Gatot Sri Handoyo, Wakil Bupati Semarang H Basari, Ketua DPRD Bondang Maruto Hening dan Forkompimda serta undangan lainnya.

Salah seorang cucu Gatot Subroto, Indriani Sunarjo berharap museum akan menjadi sarana penting, mengenang perjuangan Wakasad periode 1956-1962. “Nilai-nilai perjuangan yang dilakukan kakek kami, semoga dapat memberi manfaat bagi generasi muda,” kata dia, seperti dirilis Semarangkab.go.id.

Museum pribadi di dekat Benteng Willem II itu, menyimpan berbagai barang pribadi. Menurut cucu lain dari Gatot Subroto, Lawrence Locsin Sardjono, selain puluhan pakaian dinas, juga ada topi dan tongkat komando. Ada pula koleksi pipa cangklong, pisau berburu dan kacamata.

“Ada empat pipa cangklong yang menjadi koleksi museum ini. Satu diantaranya dalam kondisi rusak,” kata Lawrence, seperti dirilis Semarangkab.go.id.

Terdapat juga dua tempat tidur pribadi yang terawat baik. Di beberapa bagian dinding rumah, terpampang puluhan foto pria kelahiran Banyumas itu semasa berdinas sebagai tentara.

Meski museum pribadi, Lawrence mempersilakan warga untuk melihat langsung koleksi pribadi kakeknya itu. Walaupun demikian calon pengunjung diminta untuk menghubungi nomor telepon miliknya, yaitu 081310119533.

Lebih lanjut Lawrence mengatakan ada kemungkinan tempat itu akan menjadi museum terbuka atau bangunan cagar budaya.

Sementara itu Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Brigjen Rimbo Karyono menghargai langkah keluarga besar Jenderal Gatot Subroto yang menghadirkan museum ini.

“Saya berharap melalui museum ini dapat memacu semangat kita sebagai generasi penerus bangsa dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para pendahulu,” tegasnya.(HS-08)

Share This

Tidak Ada Cara Instan untuk Juara

Lepas Delapan Kafilah Ikuti Seleksi STQH di Maluku Utara, Bupati Pati Berharap Kembali Juara