in

Munculkan Ide Segar di Kopi Sorga Baturraden

Camat Baturraden Budi Nugroho meracik kopi robusta di Kopi Sorga, di lantai pertama Kantor Kecamatan Baturraden. Tempat semacam kafe itu, dia sebut sebagai Kopi Sorga atau konsultasi sambil ngopi nang ngisor tangga. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Ada yang sesuatu yang unik, di bawah tangga Kantor Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas.

Terdapat semacam kafe, di mana Camat Baturraden Budi Nugroho menyebut tempat itu dengan nama “Kopi Sorga”, alias konsultasi sambil ngopi nang ngisor tangga.

Di ruang kecil berukuran lebih kurang 3 x 6 meter itu pula, tersedia kopi khas dari alas Grumbul Kalipagu, Desa Ketenger, lengkap dengan peralatan untuk meracik.Tak jarang pula, Budi meracik sendiri kopi untuk para tamunya.

Budi Nugroho menuturkan, ide untuk membuat tempat yang dia sebut sebagai Kopi Sorga ini, karena tamu sering canggung ketika diajak ngobrol di ruang kerja.

Dengan minum kopi dan ngobrol di bawah tangga menuju lantai dua itu, gagasan dan ide-ide segar sering muncul. Selain itu, dia juga berusaha mempromosikan produk kopi dari Grumbul Kalipagu, Desa Ketenger.

Kopi Sorga merupakan inovasi dari Camat Baturraden yang dicipta menggerakkan upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. Selain itu juga sebagai upaya mendukung Program Bupati Banyumas Achmad Husein yaitu “One Village One Product” satu desa satu produk unggulan.

“Grumbul Kalipagu Desa Ketengar, memiliki hasil kopi yang cukup banyak, yang terkenal dengan kopi alas, yang dikembangkan oleh masyarakat. Bahkah oleh salah warga yaitu Tri Sumarko Kopi Alas sudah membuka warung kopi. Tempat ini sekaligus tempat memamerkan bahkan beberapa tamu dari luar kota bisa untuk bertransaksi,” katanya, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Budi menambahkan keberhasilan agribisnis kopi membutuhkan dukungan semua pihak yang terkait dalam proses produksi kopi pengolahan dan pemasaran komoditas kopi. Upaya meningkatkan produktivitas dan mutu kopi terus dilakukan sehingga daya saing kopi di Indonesia dapat bersaing di pasar dunia. (HS-08)

Share This

Menko PMK Tinjau Penanganan Pasien Covid-19 Varian India di RSUD Cilacap

Beri Motivasi pada Pemburu MIT, Panglima TNI dan Kapolri Pastikan Negara Tak Boleh Kalah dari Teroris