in

Muncul Isu Pemotongan Bansos, Ini Pernyataan Dinsos Klaten

Foto ilustrasi pemberian bantuan. (Sumber : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Kemunculan kabar tentang pemotongan dana bantuan sosial di Kabupaten Klaten, ditindaklanjuti Kepala Dissos P3AKB Klaten, M Nasir dengann mengecek ke lapangan. Dia menyebut tidak ada pemotongan dana, seperti yang disampaikan di media sosial.

Menurut Kepala Dissos P3AKB Klaten, M Nasir, persoalan itu muncul lantaran adanya data ganda.Warga namanya yang masuk daftar penerima bantuan sosial tunai (BST) tahun 2021, juga masuk daftar penerima BST dari dana desa (DD).

Pada awalnya di Desa Gentan, terdapat 27 penerima bantuan sosial tunai (BST) tahun 2021. Karena semula BST tersebut hanya diberikan sampai April, oleh Pemerintah Desa setempat, data mereka dimasukkan ke dalam daftar penerima BST DD.

Tujuannya agar 27 warga miskin tersebut, dapat terus menerima bantuan hingga akhir tahun. Mereka juga sudah mengambil BST DD-nya, Juni 2021 lalu..

Tetapi ternyata kemudian kebijakan di tingkat pusat berubah.Pemerintah Pusat memutuskan untuk kembali memberikan BST, pada Juni dan Juli, masing-masing Rp 600 ribu. Saat itu pula, nama 27 KPM itu kembali muncul sebagai penerima.

Karena sebelumnya sudah mengambil BST DD Rp 300.000, maka .mereka harus mengembalikan dana tersebut, agar tidak terjadi dobel bantuan. Hal ini juga tertuang dalam surat pernyataan yang sudah ditandatangani sebelumnya.

Pengembalian itu mereka lakukan, setelah menerima BST. “inilah yang dikira dipotong,” papar Nasir.

Selanjutnya dana yang dikembalikan tersebut, sesuai musyawarah desa, diberikan kepada warga lain, yang juga warga miskin di desa tersebut.

Dengan adanya pengalihan tersebut, kondisi di desa tersebut tidak terjadi permasalahan atau kegaduhan, terkait penyaluran bantuan sosial. Karena itu informasi di media sosial tersebut, menurut dia tidak benar dan tidak sesuai kondisi sebenarnya di lapangan. (HS-08)

Share This

Panen Perdana, Bupati Mendukung Upaya Pengembangan Pertanian Padi Organik

Bupati Kebumen Kawal Bantuan Beras dari Bulog