Munas IKA USM, Peran Alumni Sangat Penting Bagi Kemajuan Perguruan Tinggi

Munas Ikatan Alumni (IKA) USM yang digelar secara virtual pada Rabu (12/8/2020).

 

HALO SEMARANG – Alumni sebuah perguruan tinggi ternyata memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan sebuah perguruan tinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor III Universitas Semarang (USM) yang membidangi kemahasiswaan dan alumni, Dr Supari MT pada pembukaan Munas Ikatan Alumni (IKA) USM pada Rabu (12/8/2020).

Dalam Munas yang digelar secara virtual itu, Supari menegaskan, bahwa ada perubahan paradigma berpikir saat ini terkait kontribusi dan peran alumni dalam kemajuan sebuah perguruan tinggi.

Maka untuk itu, terbentuknya ikatan alumni, akan bisa memberikan kontribusi terbaik terhadap almamternya.

“Saat ini hubungan antara alumni dengan USM sudah diatur dalam statuta USM. Hubungan tersebut dilakukan oleh IKA USM. Struktur organisasi dan tata kerja IKA USM diatur sendiri oleh IKA USM, dan disetujui oleh rektor melalui Wakil Rektor III,” katanya saat membuka acara Munas IKA USM.

“Kami berharap Munas hari ini memberikan mandat penuh kepada formatur untuk menyusun dewan pengurus IKA USM dengan baik, agar bisa meberikan kontribusi nyata kepada almamater,” tegasnya.

Kegiatan yang dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Abdullah Kelib SH, anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, Rektor USM Andy Kridasusila, SE, MM dan perwakilan alumni dari berbagai wilayah di Indonesia ini memang digelar secara virtual karena masih dalam suasana pandemi corona.

Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Abdullah Kelib SH mengapresiasi kegiatan ini karena selama 33 tahun baru kali ini ada Munas IKA USM.

“Semoga semangat alumni untuk berkiprah dalam pengabdian memberikan pengaruh positif kepada almamater. Peranan alumni sangat penting sekali. Bahkan dalam proses akreditasi, bobot dari unsur alumni dalam instrumen akreditasi mencapai lebih dari 30 persen,” katanya.

Adapun hasil dari Munas IKA USM ini terpilih sebagai ketua adalah Ir Yan Arianto MM (Kepala Divisi Gedung PT Adhi Karya), dan Wakil Ketua Budi Prayitno SH (Ketua Pengadilan Negeri Sulawesi Tenggara).

Sementara sekretaris terpilih Rully Tyas Fitriani, ST (Dirut PT IAS Jakarta), bendahara Khoirul Anwar SH MH dan wakil bendahara terpilih M Tri Joko ST MM.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.