in

Mulai Senin Pekan Depan, PTM di Kota Semarang Dihentikan Sementara

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. 

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang mengeluarkan kebijakan akan menghentikan sementara pembelajaran tatap muka (PTM) mulai Senin (7/2/2022) pekan depan. Penghentian ini dilakukan selama dua pekan.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pembelajaran tatap muka akan diganti dengan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Iya, nanti mulai Senin PTM akan dihentikan sementara selama dua pekan, gantinya siswa akan mengikuti pembelajaran melalui dari rumahnya masing-masing atau PJJ,” katanya, Jumat (4/2/2022).

Wali kota yang akrab disapa Hendi menjelaskan, kebijakan penghentian PTM sementara ini dilakukan karena ada temuan kasus siswa terkonfirmasi positif di tingkat SMP, SMA,ataupun SMK.

Menurutnya, meskipun tidak ditemukan siswa yang bergejala berat, namun penyebaran virus Covid-19 terlebih dengan masuknya varian omicron harus dihentikan agar tidak semakin meluas.

“Memang ada beberapa SMA, SMK, SMP, di mana siswa dan siswinya terkonfirmasi positif. Kebanyakan tanpa gejala, tapi apapun kalau tidak disterilisasi penyebaran sangat cepat,” ujar Hendi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri menegaskan, adanya lonjakan kasus positif Covid-19 di Kota Semarang. Sehingga akhirnya diputuskan PTM dihentikan sementara waktu.

“Untuk mencegah lonjakan Covid-19, PTM ditunda dan pembelajaran kita lakukan secara daring. Pembelajaran daring mulai Senin (7/2) pekan depan dan berlaku selama dua pekan. Ini berlaku untuk SD dan SMP,” katanya.

Namun mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang ini menyatakan, tidak ada klaster sekolah selama PTM digelar sejak Agustus 2021 lalu di Ibu Kota Jawa Tengah.

Ia mencontohkan, di salah satu SMP ada satu siswa yang terpapar Covid-19, setelah ditracing guru dan siswa semuanya ternyata dinyatakan negatif.

Gunawan menambahkan, kegiatan PTM selalu melihat kondisi Covid-19 di wilayah hinterland Kota Semarang, misalnya Demak, Kendal, Kabupaten Semarang dan Salatiga. (HS-06)

Musda IV IALI, Yetty Setyoningsih Terpilih Menjadi Ketua Periode 2022-2025

Balita di Kendal Mulai Ditimbang Tanpa Baju