in

Mulai Ditata, Pantai Tirang Kini Makin Mempesona

Pengunjung menikmati suasana Pantai Tirang Semarang.

 

MESKI berada di pesisir Laut Jawa, Kota Semarang tak memiliki banyak pantai yang bisa dimanfaatkan warganya untuk berwisata. Selama ini masyarakat hanya mengenal beberapa pantai, seperti pantai Marina dan pantai Maron.

Namun akhir-akhir ini, ada satu pantai di Kota Semarang yang sedang menjadi pembicaraan publik, yaitu Pantai Tirang. Pantai yang ada di kawasan Desa Tambakrejo, Tugurejo, Tugu, Kota Semarang ini, sejak beberapa bulan terakhir mulai ditata, sehingga menjadi perhatian masyarakat Kota Semarang yang ingin mencari tempat rekreasi nuansa pantai.

Pantai Tirang cukup dekat dengan Pantai Maron dan hanya dibatasi oleh muara Sungai Silandak. Pantai Tirang letaknya juga cukup dekat dengan Bandara Ahmad Yani Semarang. Lokasinya yang dekat pusat keramaian menjadikan pantai ini sebagai tempat wisata yang cukup strategis.

Apalagi saat ini, akses jalan menuju ke Pantai Tirang sudah mulai dibenahi, sehingga bisa dilalui kendaraan roda empat. Meski belum diaspal, akses jalan ke Pantai Tirang sudah bisa dikatakan layak untuk dilalui mobil. Warga sekitar juga sudah berusaha menata kawasan itu, dengan memberikan fasilitas-fasilitas sederhana, seperti ruang ganti pengunjung dan tempat bersantai.

“Sekarang lumayan bagus, pantainya juga makin bersih setelah dikelola warga sekitar. Pengunjungnya tiap sore juga semakin banyak, karena memang tiket masuk yang murah,” kata Wati, salah satu pengunjung Pantai Tirang, Rabu sore (11/8/2021).

Seiring penataan yang memang belum maksimal, namun banyak warga Kota Semarang yang telah memanfaatkannya untuk berwisata, khususnya saat hari libur. Tiap sore ratusan pengunjung terlihat menikmati pantai, dan beberapa anak asik bermain ombak kecil di pinggir laut.

“Pasirnya hitam dan lembut, kami berharap pantai ini terus dijaga kebersihannya dan dikelola dengan baik. Karena potensinya yang besar, serta minimnya wahana wisata pantai di Kota Semarang, Pantai Tirang ini sangat potensial untuk dikembangkan,” kata Agus Suprianto, pengunjung lainnya.

Pantai Tirang sendiri selama ini dianggap sebagai pantai yang memiliki keunikan. Hal itu karena dulunya terdapat sebuah pulau kecil yang disebut Pulau Tirang di sana. Pulau tersebut menjadi ikon Kota Semarang karena keindahan serta fauna dan flora yang ada di dalamnya.

Tiket Murah

Namun karena abrasi, pulau tersebut menghilang dan kini menyisakan garis pantai yang kini disebut dengan Pantai Tirang.
Pantai ini letaknya cukup strategis karena berada di antara ujung landasan pacu Bandara Ahmad Yani Semarang dan perumahan Graha Padma.

Dengan kesederhanaannya, serta suasana yang masih sepi, Pantai Tirang memiliki beragam daya tarik tersendiri yang dapat memikat pengunjung. Beberapa di antaranya adalah Sunset yang indah dan banyaknya fauna di sana dengan harga tiket masuk yang murah, cukup membayar Rp 10 ribu untuk mobil dan Rp 5000 untuk sepeda motor.

Pantai Tirang memberikan keindahan yang sangat cantik layaknya pantai-pantai lainnya di pesisir Laut Jawa. Apalagi penampakan keindahan sunsetnya yang membuat pengunjung terkesan dan terpukau saat menikmati senjanya.

Di pantai ini, para wisatawan juga bisa melihat pesawat yang mau lepas landas yang membuat pemandangannya tampak lebih indah. Ada banyak sekali spot foto yang menarik di pantai Tirang ini.(HS)

Share This

Polda Jateng: 333 Anak Jadi Yatim-Piatu Akibat Covid-19

Ganjar: Gesekan di Birokrasi Jangan Ganggu Pelayanan Publik