in

Mulai 3 Juli PPKM Mikro Darurat Berlaku, KAI Masih Kaji Rinciannya

Foto ilustrasi kereta api PT KAI.

 

HALO SEMARANG – Pemerintah pusat resmi menetapkan pelaksanaan PPKM Mikro Darurat pada 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang. Sebanyak 48 kabupaten/kota dengan nilai asesmen situasi pandemi Covid-19 level IV. Selain itu, terdapat 74 kabupaten/kota dengan nilai asesmen pandemi Covid-19 level III di pulau Jawa dan Bali.

Seluruh daerah di Provinsi Jawa Tengah masuk dalam penerapan PPKM Mikro Darurat. Rinciannya, 13 kabupaten/kota masuk asesmen pandemi Covid-19 level IV dan sisanya masuk level III.

Terkait hal tersebut, PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih menunggu detil ketentuan operasional dan aturan perjalanan kereta api dari Satgas Penanganan (Satgas) Covid-19 dan Kementerian Perhubungan.

“KAI selaku operator kereta api tentu akan mengikuti ketentuan yang ditetapkan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 yang tengah meningkat, termasuk dengan menerapkan PPKM Mikro Darurat,” kata Kepala Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro dalam keterangan resmi, Jumat (2/7/2021).

Krisbiyantoro menjelaskan, pada ketentuan terbaru akan terdapat penyesuaian dalam hal pengoperasian Kereta Api Indonesia (KAI), baik KA Jarak Jauh maupun KA Lokal.

“Jika berdampak terhadap pembatalan perjalanan KA, maka bea tiket akan kami kembalikan 100 persen,” jelasnya.

Ia menambahkan, KAI mendukung penuh atas langkah yang diambil pemerintah demi kebaikan bersama pada PPKM Mikro Darurat ini. Sebelum PPKM Darurat, KAI telah secara konsisten menerapkan protokol kesehatan dengan ketat yang mengacu pada aturan Satgas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Perhubungan.

“Persyaratan terbaru untuk perjalanan kereta api akan segera kami umumkan setelah keluarnya peraturan detail dari pemerintah dimana saat ini masih dalam tahap pembahasan bersama berbagai pihak,” tutupnya.(HS)

Share This

Masuk Level 4 PPKM Darurat Jawa dan Bali, Kota Semarang Tutup Sementara Operasional Mal

Vaksinasi Kepada Guru dan Tenaga Kependidikan Dipercepat