Mujib Rohmat: Lulusan SMK Harus Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

Seminar Peta Jalan Pendidikan Antara Tantangan dan Harapan bersama Anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat di Gedung Center of Excellent (COE) SMK NU 01 Kendal, Sabtu (20/3/2021).

 

HALO KENDAL – Dunia industri yang terbatas, menuntut lulusan SMK yang ada di Kabupaten Kendal untuk bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dan tidak bergantung dengan dunia industri.

Demikian dikatakan anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat, pada sebuah seminar yang bertemakan Peta Jalan Pendidikan Antara Tantangan dan Harapan, di Gedung Center of Excellent (COE) SMK NU 01 Kendal, Sabtu (20/3/2021).

“Jika lulusan SMK hanya bergantung dengan industri, maka akan terjadi membludaknya pengangguran,” tandasnya.

- Advertisement -

Mujib menambahkan, lulusan SMK memang dipersiapkan untuk jenjang lapangan kerja dan berkaitan dengan industri.

“Namun yang lebih penting bagaimana bisa menciptakan lapangan kerja. Karena penciptaan lapangan kerja memang sangat diperlukan bagi lulusan SMK,” imbuhnya.

Mujib juga mengatakan, orientasi lulusan SMK harus outcome. Untuk menciptakan orientasi tersebut diperlukan guru yang memiliki kompetensi bagus.

“Karena guru menjadi faktor utama keberhasilan pendidikan,” ujarnya.

Menyinggung tentang pengembangan KIK, Mujib berharap agar investor nantinya bisa menampung sumber daya manusia yang memiliki skill, terutama tenaga kerja dari Kendal.

Untuk itu sekolah SMK yang ada di Kendal juga bisa menyiapkan anak didiknya menjadi tenaga kerja yang unggul, baik dari sisi hard skill maupun soft skill.

“Sehingga lulusannya bisa tertampung di lingkungan KIK. Pemerintahan Kendal saat ini juga sudah siap menerima masukan tersebut,” ungkapnya.

Pada acara seminar tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan fashion show dari anak didik jurusan tata busana SMK NU 01 Kendal.

Kepala sekolah SMK NU 01 Kendal Muh Izzudin mengatakan, dalam mewujudkan program ini tidak hanya ditunjang dengan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan industri, namun juga ditunjang dengan fasilitas praktik yang sangat lengkap.

Sehingga, SMK swasta bisa mencetak lulusan yang terbaik dan patut diperhitungkan.

“Kami mengajak kepada seluruh SMK swasta yang ada di Kendal, untuk terus melakukan terobosan. Dengan demikian lulusannya bisa bersaing dengan lulusan sekolah negeri,” kata Izudin.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.