Mujib Rohmat Ajak Generasi Muda Untuk Gelorakan Pancasila

Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Mujib Rohmat saat melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Aula DPD Partai Golkar Jawa Tengah, Senin (7/9/2020).

 

HALO SEMARANG — Wawasan kebangsaan tentang ke-Indonesiaan harus terus digelorakan. Tujuannya, agar rakyat tidak lepas Pancasila sebagai dasar negara. Yakni Pancasila sebagai dasar dan pemersatu bangsa.

Demikian dikatakan Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Mujib Rohmat saat melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Aula DPD Partai Golkar Jawa Tengah, Senin (7/9/2020).

Wawasan kebangsaan yang berdasar Pancasila ini, menurutnya sangat penting untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

“Pancasila merupakan hasil rumusan yang sudah disepakati oleh para pendiri bangsa ini. Di mana bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku, budaya, agama, bahasa, ras, golongan. Sehingga dapat disatukan dengan pancasila,” tuturnya.

Dengan kata lain, lanjut Mujib Rohmat, Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa.

“Hanya Pancasila dapat menjadikan Indonesia yang berbangsa-bangsa dan bersuku-suku dapat menjadi Indonesia seperti sekarang ini,” jelasnya.

Dikatakan, tantangan Pancasila dan kebangsaan, adalah bagaimana agar penanaman nilai-nilai luhur Pancasila bisa diterima secara cepat dan efektif oleh para generasi muda Indonesia.

“Di era sekarang, tantangannya adalah bagaimana agar Pancasila, ke-Indonesia-an dan kebangsaan bisa dipahami oleh generasi muda secara cepat dan efektif,” imbuhnya.

Mujib juga berharap, dalam konteks Pancasila ini harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Namun tidak boleh lepas dari sejarah Pancasila itu dibuat.

“Sehingga generasi muda ini memahami sejarah dan kegunaan Pancasila untuk bisa diaplikasikan dalam kehidupan mereka,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.