in

Muh Zuhri dan Muh Rosyid Wakili Klaten Maju di Ajang Pemilihan Penyuluh Agama Teladan Jawa Tengah

Foto : Klatenkab.go.id

 

HALO KLATEN – Dua penyuluh agama di Klaten, yakni Muhammad Zuhri dari KUA Klaten Utara dan Muhammad Rosyid dari KUA Kebonarum, maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah, dalam ajang Pemilihan Penyuluh Agama Teladan Kementerian Agama Klaten.

Keduanya maju ke tingkat provinsi, setelah lolos babak presentasi, di aula Masjid Raya Klaten. Muhammad Zuhri mewakili kategori penyuluh PNS dan Muhammad Rosyid mewakili penyuluh non PNS.

Dalam presentasi, Muhammad Zuhri mengambil isu sosial yakni “Membangun Nilai Spiritualitas dan Moralitas Pada Musisi Jalanan Putra Pangestu di Kabupaten Klaten. Adapun Muhammad Rosyid, mengambil tema GPS Kehidupan, Sregep Ngaji Rezeki Banyu Mili.

Kepala Kantor Kementerian Agama Klaten, Anif Sholikin, mengatakan pemilihan penyuluh ini untuk memotret kegiatan petugas di lapangan. Harapannya ada inovasi dalam penyuluhan khususnya di masa pandemi.

“Kegiatan penyuluhan agama di masa pandemi, menjadi tantangan bagi para penyuluh. Karena itu penting bagi mereka untuk menggunakan teknologi informasi dalam berdakwah. Kami akan memilih dua penyuluh terbaik dari tujuh peserta yang layak diseleksi. Nantinya mereka diusulkan maju ke tingkat Jawa Tengah. Tim juri diambil dari Unwida Klaten, STAIM dan Dinas Kominfo Klaten,” ungkapnya.

Muhammad Zuhri, mengatakan tema sosial pendampingan anak ini adalah kisah nyata. Didorong niat untuk membantu anak jalanan dan mereka tetap bisa kuat agamanya di tengah godaan jalan yang berat.

“Saya seperti ada panggilan hati. Melihat mereka para anak jalanan yang lari dari rumah dan mencari rezeki. Bagi saya mereka juga berhak mendapatkan ilmu agama dan bimbingan. Alhamdulillah niat saya diterima dan anak – anak jalanan seniman Putra Pangestu kini bisa belajar mengaji dan shalat,” kata dia. (HS-08)

Ramah di Luar, Mematikan di Oktagon

Desa Jimbar Masuk Tiga Besar Lomba Desa Jawa Tengah