in

Mudahkan Layanan Adminduk di Desa/Kelurahan, Dispendukcapil Kendal Sosialisasikan “Pak Kades Mantab”

Layanan adminduk "Pak Kades Mantab" di salah satu desa di Kendal.

HALO KENDAL – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kendal terus berupaya melakukan sosialisasi terkait Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Desa, Mudah, Amanah, dan Tanpa Biaya atau yang disingkat “Pak Kades Mantab”.

Sub Koordinator Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Kendal, Mulyono mengatakan, sosialisasi “Pak Kades Mantab” dilakukan, karena dari 286 desa/kelurahan di Kendal masih sekitar 164 desa/kelurahan yang bekerja sama dengan Dispendukcapil.

“Untuk itu, kami terus berupaya melakukan sosialisasi, supaya 122 desa atau kelurahan yang belum melayani adminduk “Pak Kades Mantab” dapat segera melakukan pelayanan tersebut. Sehingga dapat mengurangi pelayanan tatap muka di kantor Dispendukcapil Kabupaten Kendal,” ujarnya, Selasa (21/5/2024).

Upaya yang sudah dilakukan untuk desa/kelurahan yang belum bekerja sama, lanjut Mulyono, pihaknya menggelar sosialisasi layanan adminduk “Pak Kades Mantab” dengan mengundang para kepala desa dari 122 desa/kelurahan tersebut.

Dia juga memaparkan, terkait layanan adminduk “Pak Kades Mantab”, desa/kelurahan hanya perlu mengajukan surat permohonan kepada Dispendukcapil. Kemudian menyediakan sarana prasarana yang dibutuhkan seperti, komputer, printer, scaner, SDM, dan jaringan internet.

“Desa hanya perlu mengajukan surat permohonan kepada kepala dinas kami kemudian juga sarana prasana yang dibutuhkan yang penting adalah SDM-nya, komputer, printer dan internet,” papar Mulyono.

Dirinya menyebut, layanan adminduk “Pak Kades Mantab” merupakan Inovasi Dispendukcapil yang bertujuan mendekatkan pelayanan ke masyarakat dan memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan Dispendukcapil Kendal.

“Memang tujuan “Pak Kades Mantab” supaya warga tidak usah jauh-jauh datang ke Dispendukcapil atau ke UPTD, cukup datang ke desa. Jadi nanti untuk pengambilan juga di desa. Karena alurnya itu kan petugas desa membatu masyarakat untuk mendaftarkan pelayanan adminduk dengan aplikasi yang ada,” jelas Mulyono.

Ditambahkan dalam program layanan adminduk “Pak Kades Mantab”, Dispendukcapil Kendal memfasilitasi desa/kelurahan yang sudah bekerja sama dengan Disdukcapil untuk membantu warga desanya dalam pengurusan dokumen kependudukan, dengan memberikan jalur pengajuan secara khusus.

Sehingga, setelah persyaratan lengkap nanti desa akan dikirim dokumen melalui email dan akan dicetak di desa.

“Kami berharap semua desa atau kelurahan yang belum bekerja sama terkait layanan “Pak Kades Mantab” untuk segera mengajukan permohonan, supaya bisa melayani warga dengan mudah dan mendekatkan pelayanan kepada warga,” harap Mulyono.(HS)

Begini Strategi Pemkot Semarang Hadapi Kekeringan dampak Kemarau

Dinilai Layak Pimpin Jateng, Bambang Pacul Dapat Dukungan Maju Pilgub dari Praktisi Hukum