Moukoko Punya Masa Depan Menjanjikan

Youssoufa Moukoko/dok.

 

HALO SPORT – Striker muda Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, terus mengukir rekor. Dia merupakan penyerang masa depan klubnya dan Timnas Jerman.

Moukoko menjadi starter ketika Die Borussen mengalahkan Werder Bremen 2-1 dalam lanjutan Liga Primer Jerman (Bundesliga) di Weserstadion, Rabu (16/12/2020) dini hari WIB.

Bagi Youssoufa, ini adalah penampilan pertamanya sebagai starter pada usia 16 tahun dan 25 hari. Dia pun resmi menjadi pemain termuda yang memulai pertandingan di kompetisi teratas Jerman.

Moukoko memecahkan rekor lama atas nama pemain Dortmund lain, Nuri Sahin. Sahin menjadi starter melawan Wolfsburg pada Agustus 2005 di usia 16 tahun, 11 bulan, dan 1 hari.

Youssoufa bermain selama 80 menit, sebelum digantikan Emre Can. Dua gol Dortmund dicetak Raphael Guerreiro dan Marco Reus yang dibalas Kevin Moehwald.

Sebelumnya, Moukoko telah mencetak beberapa rekor seperti pemain termuda yang pernah turun di Bundesliga pada debutnya. Kemudian mengukir rekor sebagai pemain termuda yang turun di Liga Champions pada pekan lalu. Masa depannya sungguh menjanjikan.

Usia minimal Bundeliga baru-baru ini diubah jadi 16 dari sebelumnya 16 tahun dan enam bulan sebagai antisipasi kemunculan pemain ajaib di tim utama. Rekor Moukoko diperkirakan bertahan lama.

Pemain berdarah Kamerun ini masih mencari gol senior pertamanya untuk Dortmund setelah mendominasi level yunior. Kehadiran Youssoufa sejak menit pertama adalah buah keberanian Edin Terzic, pelatih sementara Die Borussen yang menggantikan Lucien Favre.

‘’Ada dua cara untuk memenangi pertandingan, Anda bisa kebobolan lebih sedikit, atau Anda selalu bisa mencoba mencetak satu gol lagi. Saya lebih memilih yang terakhir,’’ ujar Terzic.

Pria Jerman berusia 38 tahun itu pernah bekerja sebagai asisten pelatih di Besiktas dan West Ham United. Dia dipercaya selaku pencari bakat selama Juergen Klopp menangani Dortmund.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.