Motivasi Peternak, Pemkab Temanggung Gelar Kontes Sapi

Tim menilai sapi yang diikutkan dalam Kontes Sapi yang digelar Disnakan Kabupaten Temanggung. (Foto : jatengprov.go.id)

 

HALO TEMANGGUNG – Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Temanggung, menggelar kontes sapi untuk memberikan motivasi, sekaligus apresiasi pada peternak, yang telah berprestasi.

“Kontes sapi ini untuk memberikan motivasi kepada para peternak, agar memelihara ternaknya dengan baik. Kontes juga sebagai bentuk apresiasi dari Pemkab Temanggung kepada peternak yang berprestasi, agar menghasilkan bibit ternak atau bakalan yang unggul dan produktif,” kata Kepala Disnakan Kabupaten Temanggung, Slamet Saryono Kamis (3/12).

Slamet Saryono mengatakan di tengah pandemi Covid-19 ini, pelaksanaan kontes berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika dulu ternak yang dikonteskan harus dibawa ke lokasi kontes, maka saat ini juri mendatangi satu per satu kandang sapi milik kontestan, untuk melakukan penilaian. Hal ini untuk mencegah timbulnya kerumunan, serta mecegah penyebaran Covid-19.

Slamet menyebut, kontes ternak ini merupakan cara memberikan penghargaan kepada para peternak yang telah berupaya menghasilkan ternak sapi potong berkualitas.

Kompetisi juga diharapkan bisa meningkatkan minat dan motivasi peternak, serta pelaku usaha peternakan untuk memproduksi ternak bibit dan ternak potong berkualitas.

“Selain itu, sebagai sarana edukasi bagi masyarakat umum sekaligus ajang mempromosikan bibit ternak dan ternak potong yang berkualitas. Kegiatan ini juga sebagai bahan evaluasi kepada para petugas teknis dan penentu kebijakan pengembangan peternakan di Kabupaten Temanggung,” katanya.

Pada kontes kali ini ada 59 peternak yang telah mendaftarkan sapinya, dengan jumlah sapi sebanyak 100 ekor. Kategori atau kelas dalam kontes ini meliputi kelas pedet jantan, kelas indukan, bakalan super, dan kelas ekstrem. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.