Morbidelli Start Terdepan, Mir di Posisi Ke-12

Franco Morbidelli/dok.

 

HALO SPORT – Franco Morbidelli, pembalap Petronas Yamaha SRT, mencatat waktu tercepat pada final kualifikasi MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu (14/11/2020) malam WIB.

Rider asal Italia itu mengukir waktu 1 menit 30,191 detik. Dengan hasil ini, Morbidelli akan menempati start terdepan dalam balapan pada Minggu (15/11/2020).

Tiga posisi di belakang Morbidelli diisi Jack Miller (Ducati), Takaaki Nakagami (LCR Honda), dan Pol Espargaro (Red Bull KTM). Pimpinan klasemen sementara, Joan Mir, harus puas di urutan ke-12.

Mir akan menjadi juara dunia MotoGP 2020 jika minimal naik podium ketiga. Peluangnya sangat terbuka karena dia dikenal sebagai pembalap yang tangguh.

Sementara itu, Andrea Ianonne, pembalap Aprilia, diganjar larangan tampil di MotoGP selama empat tahun.

Dia diskors karena kedapatan mengonsumsi daging yang mengandung steroid anabolik, zat yang tergolong sebagai doping di dunia olahraga.

Ianonne awalnya tak boleh membalap selama 18 bulan, meski sudah menyatakan hal itu bukan disengaja.

Dia lantas mengajukan banding, tapi hukumannya malah diperberat.
Rider Italia ini tak boleh tampil selama empat tahun sesuai permintaan Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Pada usianya yang sudah 31 tahun, karier balapannya terancam habis.

Rekan setimnya, Aleix Espargaro, tak habis pikir dengan hukuman yang menimpa Ianonne. Menurut Aleix, hukuman yang diberikan kepada partnernya berlebihan.

‘’Secara pribadi, saya sangat kesal. Hanya dia yang tahu apakah dia memang bersalah atau (daging yang dia makan) benar-benar terkontaminasi. Empat tahun betul-betul menyiksa dan terlalu berat,’’ ungkap Espargaro seperti dikutip Crash.

Dia menegaskan di MotoGP, memakai doping itu tak banyak pengaruhnya. Cuma Andrea yang tahu kebenarannya.
Kini, Aprilia harus mencari satu pembalap lagi.

Sejumlah nama mencuat, tapi Espargaro lebih suka timnya memakai jasa rider muda.

‘’Saat ini tak banyak pembalap kuat dan berpengalaman di MotoGP. Pilihan terbaik adalah mengambil pembalap muda,’’ tuturnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.