in

Momentum Sumpah Pemuda, Unika Soegijapranata Dorong Semangat UMKM

Unika Soegijapranata gelar bazar UMKM di Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021).

 

HALO SEMARANG – Momentum Hari Sumpah Pemuda menjadi tombak semangat Center for Student Entrepreneurship (CSE) Unika Soegijapranata sebagai wadah kewirausahaan mahasiswa. Peringatan tersebut dibalut dengan Bazar UMKM di Ole-ole Semarangan, Bendan Dhuwur, Kota Semarang, Kamis (28/10/2021).

Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Rudi Elyadi, SE, MM menyampaikan, gelar bazar bertepatan pada peringatan hari Sumpah Pemuda untuk mendorong mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat.

“Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-93, kebetulan pengabdian mahasiswa yang kita sebut sebagai Pandemika IV, akan merealisasikan tiga program KKN yaitu program live in, yang untuk saat ini karena pandemi terpaksa tidak bisa dilaksanakan, kemudian ada juga Kuliah kerja Usaha (KKU) yang bermitra dengan UMKM yang bergerak di sektor rumah tangga, dan yang berikutnya adalah Kuliah Kerja Sinergis (KKS) yang bekerja sama dengan tim PKK Kota Semarang,” papar Rudi.

Ada dua lembaga yang bersinergi dalam kegiatan tersebut, yaitu Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat membidangi pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, kemudian CSE bertugas membentuk kewirausahaan mahasiswa. Selain itu, juga terdapat dua kelompok besar yang bermitra, yakni, pengusaha mikro dan tim penggerak PKK.

Rudi menambahkan, melalui bazar terbagi beberapa kelompok binaan dan mitra. Dalam sebuah paguyuban terdiri dari 25 hingga 50 anggota.

“Jadi kegiatan bazar ini merupakan kegiatan awal sebelum dimulainya Pandemika melalui kegiatan observasi dan kunjungan sebelum secara resmi mendampingi mitra saat Pandemika IV dilaksanakan. Hal lain kegiatan ini juga merupakan bukti nyata kehadiran Unika Soegijapranata di tengah masyarakat melalui kontribusi mahasiswa,” imbuhnya.

Sementara Ketua CSE Unika Soegijapranata, Dr CH Yekti Prawihatmi, MSi menambahkan, dengan momentum Hari Sumpah Pemuda bisa menjadi spirit kaum muda lebih produktif dan cinta akan kebudayaan Indonesia.

“CSE menggugah kaum muda supaya berani untuk menjaga, merawat dan memajukan negara yang begitu indah telah dikaruniakan kepada kita, melalui kegiatan salah satunya adalah kegiatan Bazar CSE,” ucapnya.

Menurutnya, UMKM juga bisa menjadi contoh di tengah pandemi, sebab pelaku UMKM tetap luar biasa berjuang dan tetap bertahan.

“Sehingga dengan mempertemukan UMKM bersama CSE ini, kami bermaksud supaya mahasiswa yang tergabung dalam CSE bisa belajar dari UMKM untuk lebih produktif, kreatif dan berjuang. Dan kegiatan kolaborasi ini merupakan paduan yang komperhensif dengan didukung oleh LPPM, Rektor Unika dan jajarannya,” imbuhnya.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Jumat (29/10/2021)

Fibernet Gelar Workshop Sinau Bareng Mikrotik