Misi Sosial, PD Satria Jawa Tengah Bentuk Relawan Tanggap Bencana

Pelatihan mitigasi bencana yang dilaksanakan PD Satria Jateng di Balai Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Sabtu-Minggu (12-13/12/2020).

 

HALO SEEMARANG – PD Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan mitigasi bencana alam dan bakti sosial di Kabupaten Magelang, Sabtu-Minggu (12-13/12/2020).

Satria merupakan organisasi sayap partai Gerindra yang fokus bergerak di bidang sosial kemasyarakatan.

Ketua PD Satria Jateng, Heri Pudyatmoko mengatakan, kegiatan bakti sosial dan pelatihan tanggap bencana merupakan kegiatan pokok yang dilakasanakan oleh Satria Jateng.

“Kegiatan kali ini dilaksanakan di Balai Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Kegiatan pelatihan merupakan amanat dari rapat kerja daerah PD Satria Jawa Tengah yang telah merumuskan prioritas program kerjanya pada bidang advokasi dan mitigasi bencana. Apalagi di daerah sini sangat rawan terhadap ancaman bencana, khususnya dampak aktivitas vulkanik Gunung Merapi,” katanya, Minggu (13/12/2020).

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh 50 peserta dari kader Satria Jawa Tengah dan beberapa warga sekitar, dengan tujuan untuk menyiapkan kader Satria menjadi relawan khusus tanggap bencana.

Terlebih cuaca ekstrem sudah sering terjadi di berbagai daerah dan aktivitas vulkanik sudah terjadi di beberapa gunung, seperti gunung Merapi saat ini.

“Sehingga dipandang perlu untuk memberikan pembekalan dan peningkatan skill para kader dalam penanganan bencana,” kata pria yang juga Wakil Ketua DPRD Jateng ini.

Ditambahkan, pelatihan tanggap bencana tersebut dilaksanakan dengan menggandeng BPBD Provinsi Jawa Tengah, untuk memberikan materi pelatihan. Sehingga materi pelatihan yang diberikan sudah sesuai dengan standar pelatihan tanggap bencana.

Selain materi yang bersifat teoritis di dalam kelas, BPBD Provinsi Jawa Tengah juga memberikan simulasi praktik penangan bencana di luar kelas, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman teoritis dan praksis.

“Para kader Satria yang sudah mengikuti pelatihan tanggap bencana ini secara khusus diorganisir dalam satu wadah yang disebut Satria Rescue Team (SRT). SRT akan bergerak di bawah komando PD Satria Jawa Tengah yang secara organisatoris berada di bawah koordinasi DPD Gerindra Jawa Tengah,” tegasnya.

Selain melaksanakan pelatiahan tanggap bencana untuk para kader, PD Satria Jawa Tengah juga melaksanakan bakti sosial di akhir acara dalam bentuk pembagian paket sembako kepada masyarakat sekitar. Sejumlah 100 paket sembako dibagikan ke warga yang membutuhkan yang berada di sekitar tempat pelatihan.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.