Mir, Kuda Hitam di MotoGP 2020

Joan Mir/gettyimages.

 

HALO SPORT – Absennya juara dunia MotoGP Marc Marquez benar-benar menjadi sebuah kesempatan bagi pembalap lain untuk mencuri gelarnya pada musim ini. Salah satu rider yang punya peluang itu adalah Joan Mir.

Pembalap dari tim Suzuki Ecstar ini paling konsisten pada MotoGP 2020. Pria 23 tahun asal Spanyol itu paling sering naik podium.

Musim ini MotoGP baru merampungkan delapan seri. Hasilnya, ada enam pembalap yang sudah menjadi pemenang.

Fabio Quartararo, pimpinan klasemen sementara, paling sering menang dengan menjadi yang tercepat di tiga seri. Lima seri lain dimenangi oleh Brad Binder, Andrea Dovizioso, Miguel Oliveira, Franco Morbidelli, dan Maverick Vinales.

Pada seri terbaru, MotoGP Catalunya, dimenangi Quartararo. Rider Petronas Yamaha SRT itu memuncaki klasemen dengan mengemas 108 poin.

Mir berada di posisi kedua dengan selisih delapan angka. Dia memang tampil mengejutkan musim ini.

Dalam delapan seri, Mir mampu finis lima besar saat menyelesaikan balapan. Juara Moto3 2017 ini dua kali gagal finis di MotoGP Spanyol dan Republik Ceko.

Podium kedua diraih Mir di MotoGP Austria, Emilia Romagna, dan Catalunya. Sementara podium ketiga dihasilkan di MotoGP San Marino.

Mir finis kelima di MotoGP Andalusia. Pada MotoGP Styria, dia hanya menempati urutan keempat.

Mengenai posisi di klasemen, Mir enggan membahasnya. Dia memilih terus fokus bertahan di papan atas.

‘’Kita tak pernah tahu. Terlalu dini untuk bilang hanya saya dan Quartararo yang berpeluang merebut gelar juara dunia,’’ tutur Mir kepada Motorsport.

‘’Masih ada banyak balapan dan kesalahan kecil bisa sangat merugikan. Mari terus bekerja dengan cara yang sama untuk mencapai kemampuan terbaik di setiap balapan,’’ jelasnya.

MotoGP masih menyisakan enam balapan lagi. Seri berikutnya adalah MotoGP pada 11 Oktober.

Mir memulai karier pada Moto3 2015-2017. Lalu mencoba Moto2 pada 2108.
Dia menembus MotoGP sejak 2019. Tahun lalu, dia secara keseluruhan menduduki urutan ke-12 tanpa merasakan naik podium.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.