Mir Juara Dunia jika Naik Podium di Valencia

Joan Mir/dok.

 

HALO SPORT – Joan Mir bisa menjadi juara dunia MotoGP 2020 jika mampu naik podium pada MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020).

Pekan lalu, di sirkuit yang sama, pembalap Suzuki Ecstar ini berhasil memenangi MotoGP Eropa. Tinggal menyisakan dua seri lagi, Mir memuncaki klasemen sementara dengan 162 poin.

Secara matematis, Alex Rins dan Fabio Quartararo menjadi rival terberat Joan. Secara realistis, cuma tiga rider itu yang berpeluang besar jadi kampiun baru.

Dengan keunggulan 37 poin di depan Alex dan Fabio, Mir punya kans terbuka di Valencia. Kalau itu terwujud, dia tinggal leha-leha pada MotoGP Portugal (22/11/2020).

Pembalap 23 tahun asal Spanyol ini pasti juara dunia jika naik podium di Valencia, terlepas hasil para rivalnya. Mir masih aman kalau finis di posisi keempat, kelima, atau keenam, sedangkan Rins dan Quartararo tak memenangi balapan.

Skenario juara lain adalah Joan finis ketujuh, sedangkan Alex, Fabio, atau Maverick Vinales tidak menang balapan. Mir finis di posisi kedelapan, kesembilan, atau ke-10, sedangkan Vinales tak menang, serta Rins dan Quartararo tak finis lebih baik dari urutan ketiga.

Joan finis ke-11, sedangkan Vinales, Franco Morbidelli, atau Andrea Dovizioso tidak menang. Sementara Rins dan Quartararo tidak finis lebih baik dari posisi ketiga.

Mir bahkan tetap bisa memastikan gelar juara dunia jika tak mendapat poin di Valencia. Itu bisa terjadi kalau Morbidelli dan Dovizioso tak finis lebih baik dari posisi ketiga. Sementara Vinales tak naik podium plus Rins dan Quartararo tak finis lebih baik dari urutan kelima.

Pendek kata, bisa juara cepat atau menunggu MotoGP Portugal kini ada di tangan Joan. Melihat performanya sejauh ini, dia diyakini mampu menyegel titel di Valencia.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.