Mir Jadi Pembalap Terbaik MotoGP 2021

Joan Mir/dok.

 

HALO SPORT – Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, dinobatkan sebagai rider terbaik MotoGP 2020 versi media online khusus otomotif dunia, Crash.

Juara dunia MotoGP 2020 asal Spanyol itu mengalahkan sederet pembalap lain yang tampil impresif sepanjang musim lalu. Pria 23 tahun ini juga berada di atas rekan setimnya, Alex Rins.

Selain Joan, sembilan pembalap yang menempati peringkat di bawahnya adalah Franco Morbidelli (Italia), Miguel Oliveira (Portugal), Pol Espargaro (Spanyol), Fabio Quartararo (Prancis), Takaaki Nakagami (Jepang), Jack Miller (Australia), Alex Rins (Spanyol), Brad Binder (Afsel), dan Johann Zarco (Prancis).

Pembalap andalan tim Repsol Honda, Marc Marquez dan legenda MotoGP yang masih aktif, Valentino Rossi, sama-sama tak masuk dalam daftar.

Marquez gagal masuk karena nyaris sepanjang musim tak beraksi. Sementara Rossi tidak masuk hitungan lantaran lagi-lagi tampil bak pembalap medioker bersama tim Monster Energy Yamaha.

The Doctor, julukan Rossi, bahkan kalah bersinar dari muridnya sendiri, Franco Morbidelli. Franco sukses menjadi runner up di belakang Mir.

Dibanding Quartararo yang tampil menjanjikan pada dua balapan pertama musim lalu, performa Joan awalnya tidak istimewa. Namun, perlahan-lahan rider kelahiran Palma de Mallora ini semakin panas.

Mir konsisten dalam mendulang poin. Dia meraih kemenangan pertamanya di kelas utama pada balapan MotoGP Eropa di Sirkuit Valencia, Spanyol.

Joan mengunci gelar juaranya meski cuma finis di posisi ketujuh pada balapan MotoGP Valencia. Dia berjaya ketika rival-rivalnya kehilangan stabilitas.

Menatap musim 2021, Mir ingin membuktikan titel juara dunianya bukanlah sebuah kebetulan. Dia bahkan berharap Marquez segera sembuh sehingga dia bisa menghadapinya di lintasan.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.