in

Minta Diangkat ASN, Ratusan Nakes dan Non-Nakes Kendal Ikut Aksi di Jakarta

Ribuan tenaga honorer nakes dan non-nakes menggelar aksi di depan patung kuda, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2022).

HALO KENDAL – Sekitar 2.000 peserta dari Forum Komunikasi Honorer Nakes dan Non-Nakes (FKHN) melakukan aksi di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2022). Sebanyak 150 Nakes dan Non-Nakes dari Kabupaten Kendal yang tergabung dalam Forum Tenaga BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) juga ikut serta dan bergabung dalam aksi tersebut.

Dari berbagai sumber, Pukul 09.00 WIB peserta aksi yang berpakaian putih dan membawa berbagai atribut mulai berkumpul di Patung Kuda. Mereka melakukan long march dari arah IRTI Monas.

Beberapa atribut dari Forum Tenaga BLUD Kabupaten Kendal yang dibentangkan di antaranya bertuliskan, “BLUD Korban Regulasi yang Dipaksakan” dan “Forum Tenaga BLUD Nakes dan Non Nakes Kabupaten Kendal”.

Sementara dari BLUD dan TKS (Tenaga Kesehatan Sukarela) Lampung Timur membentangkan spanduk yang intinya meminta untuk diangkat menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Dalam orasinya FKHN menuntut kepada pemerintah, supaya mengeluarkan peraturan pemerintah khusus, untuk pengangkatan honorer nakes dan non-nakes menjadi aparatur sipil negara.

Ketua Umum FKHN Sepri Latifan mengatakan, dalam aksi demo di Patung Kuda tersebut pihaknya menuntut kepada Presiden Joko Widodo, segera menerbitkan Peraturan Presiden (PP) khusus yang mengatur honorer nakes dan non-nakes untuk diangkat menjadi ASN.

“Kami meminta kepada yang terhormat bapak Jokowi untuk menerbitkan PP khusus yang bisa mengangkat tenaga kesehatan dan non kesehatan untuk menjadi ASN,” tandasnya.

Dikabarkan, empat perwakilan massa nakes telah diterima Kantor Staf Presiden (KSP) untuk menyampaikan tuntutan menjadi ASN.

Sementara sekitar pukul 11.40 WIB, di Jakarta hujan deras, namun hal tersebut tidak menyurutkan para peserta aksi untuk memperjuangkan aspirasinya.

Belum ada keterangan resmi dari pihak kepresidenan terkait hasil pertemuan dengan perwakilan Forum Komunikasi Honorer Nakes dan Non-Nakes. (HS-06)

Enam Titik Lapas Terbuka Kendal Dipasang Fire Block untuk Antisipasi Terjadinya Kebakaran

Ratusan Pelayat Hadiri Pemakaman Iwan Boedi di TPU Salaman Mloyo