in

Meskipun Melandai, Pemkot Pekalongan Tetap Gencar Lakukan Tes Swab

Tim satgas Covid-19 Kota Pekalongan, menggelar tes swab antigen di eks Pendopo Kabupaten Pekalongan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Rendahnya jumlah kasus aktif Covid-19 di Kota Pekalongan, tak membuat Pemkot Pekalongan kendor dalam mencegah penyebaran penyakit itu. Berbagai cara dilakukan, agar Kota Batik segera bebas dari wabah korona.

Seperti dilakukan tim satgas Covid-19 belum lama ini, di Alun-alun Pekalongan dan eks Pendopo Kabupaten Pekalongan. Di kedua tempat itu, tim melakukan tes swab antigen secara acak, kepada 416 warga dan hasilnya semua non-reaktif.

Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE, seperti diirlis Pekalongankota.go.id, mengatakan kondisi masyarakat Kota Pekalongan sudah kondusif.

Dia memberikan gambaran, saat itu ruang Buketan RS Bendan sudah tidak ada pasien Covid-19. Adapun di ruang IGD, kemarin ada empat pasien Covid-19 dengan gejala sangat ringan dan dua orang menjalani isolasi mandiri.

Meskipun sudah kondusif, Aaf menekankan untuk disiplin prokes demi kebaikan diri sendiri dan orang di sekitar.

Ia mengatakan bahwa Pemkot Pekalongan tengah fokus pada percepatan vaksinasi dan pemulihan ekonomi. Sehingga dia mengajak masyarakat yang belum divaksin, untuk mengikuti vaksinasi sebagai bentuk Ikhtiar menghadapi wabah Covid-19.

“Capaian vaksinasi Kota Pekalongan masih rendah yakni di bawah 50%. Tetapi, akan kami kejar agar capaian tersebut terpenuhi. Kendalanya memang stok vaksinasi yang ada masih terbatas. Sehingga, kami terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pusat,” katanya.

Sementara itu data dari laman corona.pekalongankota.go.id, dari total terkonfirmasi positif sejak awal pandemi sebanyak 5.619 orang, 5.294 di antaranya sudah sembuh, 320 meninggal. Adapun hingga 20 September 2021 pukul 01:35:58 WIB, pasien terkonfirmasi Covid-19 yang dirawat di RS atau isolasi mandiri, hanya enam orang. (HS-08)

Share This

Perkembangan Kasus Covid Membaik, Sarana Prasana Olahraga Milik Pemkab Kendal Mulai Dibuka

Polisi Tegur Pedagang dan Pengunjung Tak Patuh Prokes