Meski Keterbatasan Alat, PMI Kendal Siap Fasilitasi Donor Darah Plasma

Pelayanan donor darah di PMI Kendal.

 

HALO KENDAL – Pemerintah telah mencanangkan Gerakan Donor Darah Plasma Konvalesen pada 18 Januari lalu. Donor darah plasma konvalesen ini diperuntukkan bagi yang sudah pernah terkena virus corona dan sembuh.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kendal, dr Budi Mulyono mengatakan, plasma darah konvalesen dibutuhkan untuk membantu menyembuhkan pasien Covid-19.

Namun saat ini pihaknya belum bisa melayani karena keterbatasan alat.

Untuk itu, PMI Kendal akan memfasilitasi warga yang ingin donor darah plasma konvalesen ke PMI Semarang.

“PMI Kendal belum bisa melakukan donor darah plasma, karena keterbatasan peralatan. Namun jika ada warga Kendal yang ingin donor darah plasma, kami siap mengantarkan ke PMI Semarang,” jelasnya, Sabtu (23/1/2021).

Selain itu untuk membantu memenuhi kebutuhan plasma darah, pihaknya bekerja sama dengan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC), terkait dengan pendataan pasien yang sembuh dari Covid-19.

“Mulai saat ini, bagi pasien yang melakukan tes swab, juga dilakukan tes golongan darah,” tandasnya.

Dengan demikian, jika sewaktu-waktu dibutuhkan donor plasma konvalesen, maka akan lebih mudah menghubunginya.

“PMI bekerja sama dengan RSDC yang memiliki data pasien Covid-19 sembuh. Maka jika ada yang membutuhkan darah plasma, kami tinggal meminta data di RSDC,” imbuh dr Budi.

Saat ini plasma darah konvalesen sangat dibutuhkan untuk membantu menyembuhkan pasien Covid-19.

“Sementara stok plasma darah yang ada belum bisa memenuhi permintaan. Untuk itu donor darah plasma konvalesen masih sangat dibutuhkan,” ujar dr Budi.

Sementara itu, ada kabar jika vaksin Sinovac sudah berada di tempat penyimpanan vaksin di kantor UPTD Instalasi Perbekalan Farmasi Kabupaten Kendal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay saat dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut.

“Ya hari ini vaksin sudah berada di tempat penyimpanan vaksin di Kendal. Untuk lebih jelasnya nanti kami sampaikan usai rapat Senin (25/1/2021) besok,” kata Ferinando dalam pesan singkat di WhatsApp.(HS).

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.