in

Meski Gagal Capai Final Piala Asia U-23, Wakil Ketua DPRD Jateng Apresiasi Perjuangan Garuda Muda

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko.

HALO SEMARANG – Meski gagal mencapai babak final Piala Asia U-23 setelah kalah di babak semifinal atas Uzbekistan dengan skor 0-2, Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko tetap mengapresiasi perjuangan Timnas U-23. Menurutnya, Pratama Arhan dan kawan-kawan masih memiliki peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024, jika mampu mengalahkan Irak di laga perebutan peringkat ketiga yang akan dilaksanakan Kamis, 2 Mei 2024 di StadionAbdullah bin Khalifa, Qatar kick-off 22.30 WIB.

Sebagaimana diketahui ada tiga slot peringkat teratas Piala Asia U-23 untuk bisa lolos langsung di Olimpiade Paris 2024 nanti. Jika Indonesia kalah di laga perebutan peringkat ketiga itu, masih ada peluang lolos dengan menjalani babak play-off melawan wakil Afrika, Guiena, karena mereka adalah peringkat empat Piala Afrika U-23 2024.

“Saya sangat mengapresiasi perjuangan tim. Apapaun hasilnya nanti, ini menjadi prestasi tersendiri bagi tim Garuda Muda, julukan Timnas Indonesia U-23. Tapi saya masih sangat berharap, Indonesia mampu lolo Olimpiade Paris 2024 secara langsung, tak harus melalui babak play-off. Syaratnya, bisa menang di laga perebutan peringkat ketiga menghadapi Irak nanti,” katanya, Selasa (30/4/2024).

Dikatakan, pihaknya akan terus mendukung perjuangan Timnas Indonesia U-23. Seperti halnya pecinta sepak bola Indonesia lainnya, Heri Londo, sapaan akrab Heri Pudyatmoko sangat ingin melihat Timnas Indonesia berprestasi di kancah internasional. Khususnya bisa lolos Olimpiade atau Piala Dunia.

“Tentu harapan kita semua sama, Timnas Indonesia bisa lolos Piala Dunia dan Olimpiade. Apa yang diupayakan PSSI ini, progressnya sudah sangat baik. Pemain, tim pelatih, ofisial tim, dan pengurus PSSI sudah berjuang maksimal di Piala Asia U-23 ini. Semoga hasilnya memuaskan,” tegas politisi Partai Gerindra tersebut.

Prestasi yang diraih Timnas Indonesia U-23 ini, diharapkan juga jadi pemacu bagi generasi muda Indonesia, khususnya di Jawa Tengah untuk bisa berprestasi. Peran pembinaan juga diperlukan, dengan support dari pemerintah daerah untuk perbaikan sistem pembinaan usia dini di bidang olahraga, tak hanya sepak bola.

“Dukungan pemerintah daerah sangat diperlukan dalam hal pembinaan, agar atlet-atlet kita bisa berprestasi hingga kancah internasional. Dan sepak bola ini sebagai salah satu olahraga favorit di Indonesia, perlu terus disupport. Tak hanya oleh PSSI saja yang mengupayakan prestasi, tapi pemerintah daerah juga perlu terlibat dalam hal penyediaan fasilitas, sarana dan prasarana, serta pembinaan, dan upaya lainnya,” tegasnya.

Baru Pertama

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana juga tetap merasa bangga dengan capaian yang ditorehkan oleh Garuda Muda Indonesia di ajang Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

“Suatu kebanggaan bahwa Garuda Muda kita bisa masuk semifinal Piala Asia U-23. Apalagi ini memang baru yang pertama. Walaupun hasil di semifinal memang tidak berpihak kepada kita,” kata Nana Sudjana usai acara Nobar Timnas U-23 Proud of Indonesia di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin, 29 April 2024.

Pada pertandingan semifinal Piala Asia U-23 itu Indonesia harus mengakui keunggulan Uzbekistan U-23 dengan skor 0-2. Selama pertandingan, pasukan Garuda Muda Indonesia memberikan perlawanan alot kepada Uzbekistan.

“Kita lihat semangat dari para pemain sudah optimal untuk bertanding. Cuma memang tetap kalah. Itu bukan masalah, artinya masih ada waktu untuk berbenah dan terus berlatih. Insya-Allah Garuda Muda kita akan berjaya di masa depan,” katanya.

Terlepas dari hasil semifinal, apa yang dilakukan oleh pasukan Garuda Muda Indonesia pada Piala Asia U-23 Qatar 2024 ini sudah sangat baik. Ada peningkatan signifikan dalam segi permainan sejak kalah di laga pertama penyisihan grup melawan tuan rumah Qatar.

Garuda Muda bangkit bahkan membekuk Australia 1-0 dan Yordania 4-1. Garuda Muda juga mampu mengimbangi negara langganan Piala Asia U-23 dan Olimpiade yaitu Korea Selatan.

Nana Sudjana juga membanggakan empat pemain asal Jawa Tengah yang masuk skuad Indonesia U-23. Yaitu Ernando Ari, Pratama Arhan, Ilham Rio Fahmi, dan Amiruddin Bagas Kaffa. Tiga pemain pertama bahkan tampil dalam laga semifinal melawan Uzbekistan.

Dalam kesempatan itu, Nana juga menyinggung pencarian bakat pemain sepak bola di Jateng. Pada 2024 ini, PSSI Jateng dan KONI Jateng mengadakan event turnamen sepak bola U-13 dan U-15 dalam rangka mencari bibit-bibit atlet sepak bola berprestasi. Selain itu, juga ada PPLOP untuk membina atlet pelajar Jateng.(Advetorial-HS)

Ditemukan Tujuh Kasus DBD, Dinkes Kendal Lakukan Fogging di Wilayah RW 1 Bandengan

Buka Identifikasi Bakat Cabor Atletik tahun 2024, Ini Harapan Kadisporapar Kendal