in

Meriahkan HUT RI, Pecinta Lingkungan Tanam Bakau Di Karangmalang Wetan Kendal

Para Relawan Pecinta Lingkungan menanam ribuan batang pohon bakau di Pantai Karang Asri, Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung, Kendal, Selasa (17/8/2021).

 

HALO KENDAL – Memperingati 76 tahun Indonesia Merdeka, ratusan relawan dari pemerhati dan pencinta alam di Kabupaten Kendal, melakukan kegiatan melestarikan lingkungan.

Mereka menanam ribuan batang pohon bakau di sepanjang Sungai Pening, Desa Karangmalang Wetan, Kecamatan Kangkung, Selasa (17/8/2019).

Ketua kegiatan dari Komunitas Lindungi Hutan Kendal, Debib Syiam Fatwa mengatakan, secara umum hutan bakau atau mangrove mempunyai definisi sebagai hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau, yang terletak di garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

“Tepatnya di daerah pantai dan sekitar muara sungai. Sehingga tumbuhan yang hidup di hutan mangrove bersifat unik, karena merupakan gabungan dari ciri-ciri tumbuhan yang hidup di darat dan di laut,” ujarnya.

Menurut Debib, hutan seringkali diganggu keberadaannya oleh manusia sehingga berdampak pada rusaknya lingkungan. Sehingga dengan kegiatan ini, diharapkan mampu mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

“Keberadaan hutan mangrove sangatlah penting dalam menjaga keberlangsungan hidup manusia. Menjaga keberlangsungan hutan dan lingkungan, hutan akan melakukan hal sama pula kepada manusia,” ujarnya.

Debib menyebut, momentum perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini dimanfaatkan oleh pihaknya untuk penanaman dan pengibaran bendera di tepi pantai.

“Hal ini tentunya, diharapkan dapat menggugah aksi serupa di daerah lain. Andaikan saja pohon bakau tidak ada di pesisir Kendal, maka ancaman abrasi sangat rentan terhadap kawasan pesisir,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karangmalang Wetan, Mohammad Sodiq mengucapkan terima kasih atas diselanggarakannya kegiatan ini di desanya.

“Selaku kepala desa Karangmalang Wetan sangat berterima kasih kepada Komunitas Lindungi Hutan Kendal beserta relawan pegiat lingkungan di Kendal. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa menjaga kelestarian lingungan,” kata Kades.

Sodiq berharap, kerja sama ini tidak hanya berhenti sampai di sini. Namun, di kesempatan lain bisa terus bekerja sama dengan Pokdarwis, Karangtaruna dan Pemdes Karangmalang Wetan.

“Kegiatan ini sangat positif bagi kami. Kami terbuka kepada siapa aja yang ingin bekerja sama dalam kegiatan apapun, terutama pelestarian lingkungan Pantai Karang Asri Desa Karangmalang Wetan,” ungkap Sodiq.

Selain itu Kades Karangmalang Wetan berharap semua elemen masyarakat turut berperan aktif untuk menjaga lingkungan sekitar.

“Saya mengajak seluruh elemen yang ada di Desa Karangmalang Wetan untuk bekerja sama, bahu membahu dalam menjaga lingkungan. Sehingga Desa kita aman,” pungkas Sodiq.(HS)

Share This

Pemkab Kendal Gelar Upacara HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Secara Singkat

Kampung Jawi Kota Semarang Gelar Upacara HUT ke-76 RI dengan Pakaian Adat Jawa