in

Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Di Masa Pandemi, Warga Kendal Tetap Antusias Hias Kampung

Peringati HUT ke-76 Republik Indonesia, warga Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal dalam menghias kampung mereka.

 

HALO KENDAL – Meski perayaan HUT ke-76 Republik Indonesia dilaksanakan di tengah masa pandemi dan PPKM, namun tidak menyurutkan semangat warga Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal dalam menghias kampung mereka. Warga tetap terlihat antusias untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Sejak pagi, warga terlihat antusias, menata dan membersihkan lingkungan serta menghias pintu masuk desa dengan sentuhan serba merah putih.

Selain membersihkan lingkungan desa, warga juga menghias jalan kampung dan rumah masing-masing dengan aneka pernak-pernik khas Agustusan.

Kepala Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Agus Riyanto mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menyambut hari istimewa, yang setiap tahun selalu dinanti-nantikan kehadirannya.

Menurutnya, hari ulang tahun Republik Indonesia menjadi momen membangun rasa nasionalisme dan memupuk rasa cinta terhadap bangsa dan negara Indonesia.

“Walau dalam suasana PPKM, namun kegiatan Agustusan tidak boleh mati, harus semarak dan meriah. Meski hanya dengan pernak-pernik seadanya,” ujarnya kepada halosemarang.id, di tengah-tengah kegiatan kerja bakti bersama warga, Sabtu (7/8/2021).

Agus menambahkan, dalam kegiatan yang serba dibatasi dan harus menerapkan protokol kesehatan, warga tetap antusias, bahu-membahu untuk menghiasi desa.

“Kegiatan ini adalah wujud gotong royong warga dalam menjaga kebersihan desa. Selain itu, turut pula merawat nilai-nilai kebersamaan antarmasyarakat Desa Pucangrejo,” ungkap Agus.

Ditambahkan, dengan biaya yang ada, dirinya bersama warga juga menghiasi jalan kampung dengan berbagai macam hiasan lampu.

“Saat melintas di gang-gang desa pada malam hari, akan disuguhi pemandangan lampu beraneka warna yang berjajar di sepanjang jalan. Ya seadanya saja, yang penting meriah,” kata Agus.

Sementara menurut salah seorang warga setempat, Agung, mengaku meski digelar secara dengan protokol kesehatan ketat, sederhana, dan minimalis, perayaan HUT RI tahun ini tetap dilaksanakan dengan penuh semangat, gairah, dan kreativitas warga.

“Kami ingin budayakan lingkungan yang bersih. Selain itu turut pula merawat nilai-nilai kebersamaan antarwarga Desa Pucangrejo. Baik yang tua maupun¬†generasi muda,” tukas Agung.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Sabtu (7/8/2021)

Seorang Pria Ditemukan Meninggal Dunia, Diduga Jatuh Dari Pohon Sukun