in

Meriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Ini Pesan Wakil Ketua DPRD Jateng

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko.

HALO SEMARANG – Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesdaia (RI) pada tanggal 17 Agustus 2022 nanti. Semangat memperingati HUT Kemerdekaan ini, diharapkan terpatri di seluruh jiwa dan raga masyarakat Indonesia, khususnya warga Jawa Tengah.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko menegaskan, pemerintah telah menetapkan tema HUT ke-77 Kemerdekaan RI, yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Tema ini merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa,” katanya, Minggu (14/8/2022).

Dikatakan, memang di usia 77 tahun, Indonesia masih menghadapi tantangan dan keterbatasan. Seperti tantangan pasca-pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan keterbatasan dalam banyak aspek kehidupan, masalah pembangunan manusia, ekonomi, dan juga masalah-masalah lainnya.

Tetapi menurutnya, keterbatasan ini harus menjadi pemicu agar bisa optimistis menghadapi keadaan dan berupaya mengentaskannya. “Optimismenya ini merupakan suatu tantangan kita memanfaatkan keterbatasan,” tegasnya.

Khususnya terkait ekonomi pascapandemi, Politisi Gerindra ini berharap bangsa Indonesia segera bangkit dari keterpurukan, sehingga perekonomian akan pulih lebih cepat, dan bangsa kembali kuat.

“Pandemi Covid-19 memang menimbulkan kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat bagi rakyat Indonesia. Namun di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan baru. Di moment HUT Kemerdekan RI ini, semangat kebersamaan, gotong royong, nasionalisme warganya diharapkan bisa semakin kuat, sehingga bisa bersama-sama bangkit dari keterpurukan akibat pandemi,” tegasnya.

Selain itu, kemerdekaan Republik Indonesia berkat semangat para pejuang yang mati-matian dan dengan seluruh tumpah darahnya berjuang memerdekakan Indonesia, juga harus dimaknai oleh generasi muda dengan baik.

Dia berpesan kepada generasi muda untuk memaknai kemerdekaan Republik Indonesia, agar bisa menghadapi tantangan di tengah keterbatasan, meraih prestasi, dan membawa Indonesia maju di masa depan.

“Semangat perjuangan ini harus semakin besar ketika menghadapi tantangan zaman. Seperti tantangan pandemi, dan tantangan lainnya. Semangat perjuangan harus kita miliki,” tegasnya.

Harapan Baru

Sebagai informasi, tema HUT RI ke-77 telah diterbitkan oleh pemerintah dalam rangka mendukung peringatan Kemerdekaan RI tahun 2022. Tema dan logo HUT RI 2022 tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022. Dilansir SE tersebut, tema HUT RI ke-77 adalah Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Tema ini diambil dengan harapan agar Indonesia bisa bangkit dari peristiwa yang telah terjadi selama dua tahun, yakni pandemi Covid-19.

Wabah Covid-19 menimbulkan kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat bagi rakyat Indonesia. Namun di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan baru.

Mengutip situs LLDIKTI Kemdikbud, tema Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tahun ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara juga menjadi penuntun bersama untuk pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat demi kemajuan Indonesia.

Sementara dikutip dari Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan RI oleh Kemensetneg, logo Hari Kemerdekaan RI ke-77 mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas. Di samping itu, ada angka 77 dalam logo HUT RI 2022 yang merupakan peringatan Kemerdekaan Indonesia tahun ini.(Advetorial-HS)

Kejurda OWS Baru Pertama Kali Digelar, Kota Yogyakarta Juara Umum

Urban Downhil dan Pasar Apung Untuk Dongkrak Ekonomi Semarang