Merasa Nyaman, Morbidelli Pakai Motor Lama

Franco Morbidelli/dok.

 

HALO SPORT – Franco Morbidelli, runner-up kejuaraan dunia MotoGP 2020, menyatakan akan tetap menggunakan motor Yamaha YZR-M1 versi lama pada musim 2021.

Keputusan ini tak lepas dari kenyamanan yang dirasakan rider tim Petronas Yamaha SRT itu saat menunggangi motor lama ketimbang YZR-M1 versi baru.

Saking nyetelnya, Morbidelli sukses mengalahkan tiga pembalap Yamaha yang memakai motor baru, yakni Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi.

Quartararo menyelesaikan musim lalu di posisi kedelapan. Sementara Vinales dan Rossi, yang berstatus pembalap tim pabrikan (Monster Energy Yamaha), menempati peringkat kedelapan dan ke-15 pada klasemen akhir pembalap.

Mengacu pada rapor Franco pada MotoGP 2020, Petronas Yamaha SRT berani menyetujui permintaan pria asal Italia berusia 25 tahun ini. Dengan YZR-M1 2019, Morbidelli meraih 158 poin dari 14 seri balap.

Franky, sapaan akrab Morbidelli, memenangi tiga balapan dan meraih lima posisi podium. Dia menilai kunci suksesnya ada pada motor YZR-M1 2019.

‘’Saya hanya harus memaksimalkan paket ini. Motor balap baru adalah yang paling banyak ruang untuk perbaikan’’ ungkap Franky kepada Speedweek.

‘’Motor saya saat ini memiliki mesin dengan ruang paling sedikit untuk perbaikan. Namun, itu bukan berarti saya tidak bisa mengendarainya dengan cepat,’’ imbuh juara dunia Moto2 2017 itu.

Manajer Tim Petronas Yamaha SRT Wilco Zeelenberg menjelaskan perbedaan antara motor balap milik Quartararo dan Morbidelli. Quartararo lebih diprioritaskan mendapatkan motor balap Yamaha versi baru.

Adapun Morbidelli tak bisa mendapat paket yang sama karena terkendala dengan masalah finansial tim. Musim depan Franky berduet dengan Rossi, sedangkan Quartararo mendampingi Maverick Vinales di tim Monster Energy Yamaha.

‘’Franky tidak menginginkan yang lain. Dia punya perasaan yang baik dengan mesin motornya,’’ ujar Wilco Zeelenberg.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.