in

Menteri Saudi Sampaikan Pentingnya Penguatan Islam Wasatiyah

Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi, Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz. (Foto : Kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi, Syaikh Dr Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh, dalam berbagai kesempatan, menekankan  pentingnya penguatan Islam Wasatiyah dan Moderasi Beragama.

Seperti ketika belum lama ini, dia mengunjungi Masjid Istiqlal. Saat itu dia mengajak umat Islam untuk menjalani ajaran agama Islam dengan pemahaman yang moderat.

Menurutnya, Allah meridlai agama Islam. Islam adalah agama yang mengajarkan kasih sayang. Untuk itu, umat Islam diminta untuk saling menyayangi sesama dan semua ciptaan Allah.

“Mari kita jalani ajaran Islam dengan moderat, tidak ekstrem kanan dan kiri, untuk menyebarkan kebaikan dan kasih sayang kepada semua,” kata Syaikh Dr Abdullatif, seperti dirilis Kemenag.go.id.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kementerian Agama, Adib mengatakan pesan tersebut juga disampaikan berkali-kali oleh Syaikh Abdullatif, saat bertemu sejumlah tokoh, pimpinan ormas Muhammadiyah, dan alumni mahasiswa dari Arab Saudi.

“Pesan ini mengingatkan kepada kita, akan pentingnya penguatan moderasi beragama atau pemahaman agama yang wasatiyah,” kata Adib, saat menghadiri peluncuran program Saudi Mendistribusikan Kurma dan Al-Qur’an di Indonesia, Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Islam Wasatiyah juga selaras dengan program moderasi beragama Kementerian Agama. Untuk itu diperlukan kerja sama untuk penguatan Islam Wasatiyah.

“Salah satu peran penting perguruan tinggi Islam adalah melakukan penelitian-penelitian yang bermanfaat bagi umat manusia. Yang tak kalah pentingnya, lulusan PTKIN mampu memberikan kemaslahatan bagi masyarakat,” ucap Adib menyimpulkan pesan pokok Menteri Urusan Islam Saudi.

“Di negara mayoritas muslim, perguruan tinggi Islam harus memberikan ajaran dan pemahaman Islam yang baik kepada generasi mendatang. Yaitu dengan membentengi generasi mendatang dari kelompok-kelompok ekstremis yang justru bisa menghancurkan Islam itu sendiri,” sambungnya. (HS-08)

Lantik 257 Kepala SD Negeri, Bupati Klaten Minta Berinovasi

Polri Akan Siapkan Gerai Vaksin di Jalur Mudik Ramadan 2022